Anak Mantan Teroris dan Korban akan Diberi Beasiswa

Foto : tempo.co

NASIONAL – Menteri Sosial RI, Idrus Marham mengatakan Kementerian Sosial berencana memberikan beasiswa kepada anak mantan teroris atau para korban yang terdampak kejadian teror. Langkah ini, kata Idrus, dilakukan setelah kemensos diundang dalam acara yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT).

“Saya sampaikan, Presiden Joko Widodo berpesan bahwa tidak ada satu pun anak bangsa yang tidak mampu dan terdampak bencana sosial yang tak tertangani. Karena itu, Kemensos sudah mempersiapkan bantuan untuk keluarga pelaku, korban, dan keluarga yang terseret itu,” kata Idrus dilansir dari tempo.co, Sabtu (3/3/2018).

Ditambahkan Idrus, kementerian sosial telah menyiapkan sejumlah rancangan untuk membantu mereka. seperti pada Program Keluarga Harapan (PKH).

“Pertama, melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Jadi keluarga yang memenuhi persyaratan akan diberi bantuan. Uang ini juga diberikan untuk pendidikan anak-anak mereka,” ucapnya.

Selain itu, keluarga atau keturunan tersebut juga dibantu melalu program beras sejahtera (Rastra), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari Kementerian Kesehatan.

Secara kumulatif, menurut Idrus, bantuan yang diberikan Kemensos cukup banyak. Setidaknya untuk jangka waktu pendek yang akan mengatasi kebutuhan mendesak.

Dalam jangka panjang, Kemensos akan menyiapkan konsep pemberdayaan masyarakat bagi keluarga mantan pelaku dan korban terorisme.

“Untuk meningkatkan status mereka dari yang tidak mampu menjadi mampu,” kata Idrus

Baca Juga
Tinggalkan komen