Logo

Adopsi ISO 9001, Dukcapil Provinsi Bengkulu Maksimalkan Pelayanan

Sepragusri, ST

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dalam rangka perencanaan kebijakan terkait dengan peningkatan mutu pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Bengkulu menargetkan akan menerapkan sistem manajemen mutu pelayanan administrasi kependudukan berstandar internasional (ISO 9001:2008) pada Dukcapil Kabupaten/Kota pada 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Kepala Dukcapil Provinsi Bengkulu, Muhammad Ikhwan, SH, MH, melalui Kepala Bidang Pengolahan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, Sepragusri, ST, ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Artinya telah memenuhii standar internasional dalam pelayanan dan mutu.

“Kami sedang berusaha untuk penerapan ISO 9001:2008 di Dukcapil yang artinya bila kita bisa menerapkannya artinya pelayanan mutu kita sudah memenuhi standar internasional,” ujar Sepragusri, saat ditemui dikantornya, Senin (17/4/2017).

Dijelaskannya, ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga atau organisasi yang telah mendapatkan pengakuan dari pihak lain yang independen dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

“Mendapatkan sertifikat predikat ISO tersebut bukanlah mudah, harus melalui penilaian oleh pihak independen terkait pelayanan dan mutu. Oleh karena itu kami sedang berusaha menuju ke arah penerapan standar internasional tersebut,” jelasnya.

Dengan rencana menerapkan ISO 9001 maka pihak Dukcapil Provinsi Bengkulu harus melakukan pelayanan lebih maksimal dari sebelumnya. Hal ini berdasarkan penilaian dari lembaga ISO agar Dukcapil Provinsi Bengkulu memenuhi kualitas pelayanan publik yang memuaskan bagi masyarakat di Provinsi Bengkulu.

“Jangan ada lagi keluhan dari masyarakat seperti proses pembuatan KTP, akta kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya yang terkesan lamban. Karena itu perlu adanya peningkatan pelayanan,” ujarnya.

Baik dari segi infrastruktur pendukung dan perbaikan mutu, lanjutnya, sumber daya manusianya harus benar-benar diperhatikan. Diantaranya adalah peralatan pembuatan elektronik KTP harus ditingkatkan sehingga pelayanan juga bisa dilakukan dengan cepat.

Begitupun pembuatan dokumen kependudukan lainnya, peran SDM yang baik juga menjadi faktor penentu keberhasilan pelayanan yang baik.

“Infrastruktur harus diperbaiki, dan jangan ada lagi masyarakat yang mengeluh karena pelayanan oleh beberapa petugas dukcapil yang terkadang kurang ramah dan tidak bersahabat,” tuturnya.

Ditambahkannya, dengan menerapkan ISO 9001 harapannya pelayanan yang ada diberikan ke masyarakat bisa lebih baik dari sebelumnya. Semoga dukcapil Provinsi Bengkulu bisa menerima ISO 9001, ini demi kebaikan Provinsi Bengkulu juga.

“Kami tengah berupaya menerapkannya, langkah awalnya setarakan pelayanannya seperti yang ada di perbankan, dengan pengaturan yang rapi hingga masyarakat akan merasa nyaman ke dukcapil.

Diinginkannya semua pihak dapat mendukung program ini agar bisa tercapai. Tanpa dukungan dari pemerintah dan masyarakat semua ini tidak akan terwujud.

“Kalau pelayanan dukcapil semakin baik maka masyarakat juga yang akan merasakan dampaknya. Pengurusan menjadi mudah dan tidak perlu waktu yang lama,” pungkasnya.