Logo
Dempo Xler

300 Relawan Ikuti Pelatihan Mitigasi Bencana Kota Bengkulu 2023

300 Relawan Ikuti Pelatihan Mitigasi Bencana Kota Bengkulu 2023

BENGKULU – Sebanyak 300 orang relawan Bencana mengikuti pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana kota Bengkulu tahun anggaran 2023, di Aula salah satu Hotel Bengkulu, Senin (27/11/2023).

Pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana ini merupakan upaya membangun kemampuan dalam penanggulangan bencana sehingga mampu mengurangi dampak dan resiko bencana.

Kepala BPBD kota Bengkulu, Will Hopi mengatakan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi kasus bencana yang berdampak oleh masyarakat kota Bengkulu.

Relawan yang efektif dan efesien sangat ditentukan oleh informasi, pengalaman dan pelatihan yang diterima sehingga mereka memiliki pengetahuan yang cukup sebelum terjun ke daerah bencana.

“Dengan adanya relawan bencana ini, BPBD mudah mendapatkan informasi daerah yang mudah terkena dampak Bencana melalui para relawan Bencana kota Bengkulu,” katanya.

Will Hopi berharap dengan terbentuknya relawan bencana ini, seluruh informasi bencana yang ada di kota Bengkulu dapat dengan mudah sampai ke pihak BPBD kota Bengkulu.

“Agar nantinya bencana yang terjadi di daerah bisa kita atasi dan apa yang terlihat bisa kita bantu,” ujarnya.

Acara ini dibuka langsung oleh PJ walikota Bengkulu Arif Gunadi,  ia mengatakan ada sebanyak 300 orang dari 67 kelurahan yang mengikuti pelatihan ini.

“Dalam satu kelurahan itu ada perwakilan sebanyak 4-5 orang, tergantung dengan tingkat kerawanan bencana yang ada di kelurahan itu sendiri,” sampainya.

Selanjutnya ia mengatakan relawan Bencana Bengkulu yang sudah terbentuk ini mereka merupakan garda yang akan siap membantu masyarakat kota Bengkulu ketika menghadapi sebuah bencana

“Kita mengumpulkan relawan se kota Bengkulu, ini adalah relawan Bengkulu yang kita lantik untuk siap, bila ada bencana meraka inilah kedepan yang akan membantu masyarakat kota Bengkulu,” jelasnya.