Yuk Kenalan Dengan Vitamin D3 Yang Ampuh Atasi Covid

Yuk Kenalan Dengan Vitamin D3 Yang Ampuh Atasi Covid

Ilustrasi

BENGKULU – Pandemi masih belum saja berakhir dan penderita Covid masih sering ditemui. Apakah kini Anda atau keluarga juga sedang mengalami penyakit Covid? Anda bisa mengkonsumsi vitamin D3 untuk mempercepat proses penyembuhan.

Saat ini, memang belum ada obat Covid yang ampuh untuk benar benar menyembuhkan penyakit ini. Hal yang harus dilakukan oleh penderita covid ialah meningkatkan imun untuk melawan virus corona.

Apa itu Vitamin D3?

Apakah kamu sudah tahu tentang vitamin D3? Apa perbedaan vitamin ini dengan vitamin D biasa?

Vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak. Bentuk aktif dari vitamin D ini ada 2 yakni Vitamin D2 dan Vitamin D3.

Menurut berbagai ahli dan literatur, vitamin D3 adalah bentuk paling alami dari vitamin D itu sendiri.

Apabila vitamin D2 hanya dapat ditemukan pada makanan tertentu seperti jamur, maka vitamin D3 bisa terbentuk secara alami.

Vitamin D3 dapat terbentuk apabila tubuh terkena sinar matahari langsung. Selain itu, vitamin D3 juga bisa berasal dari beberapa makanan dibawah ini

  • Hati sapi
  • Minyak ikan
  • Salmon, tongkol, tuna
  • Susu
  • Keju
  • Yoghurt
  • Suplemen yang mengandung vitamin D3

Manfaat Vitamin D3

Lalu, apa saja manfaat dari vitamin D3 ini untuk tubuh? Yuk simak beberapa manfaat penting dari vitamin D3

  1. Mencegah Osteoporosis

Vitamin D3 mampu mencegah terjadinya osteoporosis serta menjaga kepadatan tulang dengan baik. Oleh karena itu, vitamin D3 cocok dikonsumsi oleh orang yang sudah mengalami penurunan ketahanan tulang.

Mengkonsumsi vitamin D3 bagi lansia juga bisa mencegah terjadinya risiko patah tulang.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Selama pandemi, menjaga daya tahan tubuh menjadi hal yang sangat penting. Daya tahan tubuh yang lemah akan membuat virus menjadi mudah menyerang tubuh.

Terlebih penelitian menunjukkan penderita covid yang kekurangan vitamin D memiliki risiko infeksi.

  1. Mengurangi Depresi

Ternyata, vitamin D3 ini juga bisa mengatasi depresi yang dialami oleh manusia. Penelitian menemukan bahwa vitamin D3 ini mampu mengatasi masalah depresi.

Dalam penelitian ditemukan para penderita depresi yang mengkonsumsi vitamin D3 yang cukup bisa mengurangi rasa cemas dan depresi mereka.

  1. Mencegah Penyakit Tulang

Vitamin D memang terkenal sangat baik untuk kesehatan tulang. Vitamin D3 juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit tulang seperti rakitis dan osteomalacia.

Kedua penyakit ini bisa terjadi apabila tulang kekurangan vitamin D sehingga membuat terjadinya kelainan pada tulang.

  1. Mengatasi Penurunan Fungsi Ginjal

Pada penderita ginjal akut, fungsi ginjal dalam menghasilkan vitamin D menjadi terganggu. Oleh karena itu, penderita menjadi kekurangan vitamin D dan bisa memperburuk kondisi tubuh.

Menambah asupan vitamin D3 dari sumber lain bisa mengatasi permasalahan ini.

  1. Bantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kadar vitamin D3 yang cukup mampu turun berat badan lebih banyak.

Vitamin D3 ini mampu membuat tubuh kehilangan lebih banyak lemak. Hasilnya, ukuran lingkar pinggang menjadi lebih kecil.

  1. Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian kembali menemukan manfaat D3 yang sangat penting untuk tubuh. Manfaat D3 selanjutnya ialah menjaga kesehatan jantung serta menjaga tekanan darah agar tetap terkontrol.

Penelitian juga mengatakan bahwa orang dengan vitamin D3 yang tinggi akan memiliki risiko lebih rendah terkena stroke maupun serangan jantung.

Bagaimana, apakah kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin D3 sehari hari? Apabila belum, segera penuhi asupan vitamin D3 dan rasakan berbagai manfaatnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen