Logo

Yuk Berlibur ke Hutan Mangrove Kampung Sejahtera

KOTA BENGKULU – Bercerita tentang wisata alam, tidak mungkin melewatkan tempat yang satu ini. Tempat ini berada di sekitar pelabuhan Pulau Baai, Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu, sekira 15 kilometer dari pusat kota.

Suasana yang tenang, permukaan air payau yang hijau menjadi ciri dari lokasi perkampungan nelayan ini. Deretan kapal kayu terparkir rapi pada dinding pelabuhan kecil yang dibangun pemerintah beberapa waktu lalu. Tempat ini diberi nama ‘Kampung Sejahtera’

Taman Wisata Hutan Mangrove. Foto, BN

Mengunjungi tempat ini tidak memerlukan karcis masuk. Pengunjung hanya perlu membayar parkir Rp. 2 ribu untuk kendaraan bermotor dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat. Tapi beda cerita kalau pengunjung ingin menjelajahi hutan mangrove dengan menggunakan kapal.

Taman Wisata Hutan Mangrove. Foto, BN

Iya. Rerimbunan hutang mangrove yang berjejer hijau inilah yang menjadi keunggulan Kampung Sejahtera. Dengan kapal, pengunjung bisa menikmati suasana bak penjelajah lautan. Pengunjung akan diajak mengarungi hutan ke titik yang sulit dituju. Dari situ pengemudi kapal akan menghentikan laju kapalnya untuk wisatawan agar bisa mengabadikan moment perjalanannya.

Untuk menaiki kapal, pengunjung dikenakan tarif bervariasi, tergantung keramaian dan jumlah anggota yang diajak. Umumnya tarif berkisar antara Rp. 25 ribu hingga Rp. 100 ribu. Tarif ini tidak baku, sesekali pengunjung dapat harga murah sesuai dengan lobi ke pemilik kapal. Semakin banyak anggota biasanya semakin murah.

Taman Wisata Hutan Mangrove. Foto, BN

Soal cinderamata, jangan khawatir. Di sekitar kampung sejahtera banyak penjual berbagai macam pernak pernik bertemakan laut. Kebanyak dari cinderamata yang dijual berbahan dasar kerang. Benda ini dibentuk menjadi bermacam-macam barang, baik berupa hiasan maupun barang yang mempunyai manfaat seperti kotak tisu.

Jika mau berfoto ria, pengunjung bisa melakukannya dibawah merk ‘Wisata Hutan Mangrove’. Lokasi ini merupakan lokasi yang lantainya paling luas dan berada tepat di tengah.Jadi cocok jika ada yang mau membuktikan perjalanannya saat berada di Bengkulu. (red/adv)

Taman Wisata Hutan Mangrove. Foto, BN