Logo

Unihaz, Kampus dengan Sejarah Panjang Pembangunan Pendidikan di Bengkulu

BENGKULU – Unihaz atau Universitas Prof.Dr. Hazairin, SH ini didirikan oleh Yayasan Semarak Bengkulu. Yayasan Semarak Bengkulu sendiri lahir pada tahun 1928. Rektor Unihaz Dr.Ir. Yulfiperius, M.Si menjelaskan, dahulu para kepala marga mendirikan suatu pendidikan, dengan tujuan agar anak-anak Bengkulu tidak ketinggalan dalam dunia pendidikan.

“Jadi orang kita, yang lama, bapak-bapak kita. Sudah memikirkan bagaimana anak-anak dan cucunya, tidak ketinggalan pendidikan,” kata Yulfiperius pada Bengkulunews.co.id Sabtu (11/06/22) Siang.

Sebelumnya para tetua mendirikan universitas pertama yaitu Unseb (Universitas Semarak Bengkulu), pada sekitar tahun 1968 Provinsi Bengkulu melakukan pemekaran. Namun syarat untuk berdirinya suatu provinsi harus memiliki perguruan tinggi negeri, oleh karena itu didirikanlah Universitas Bengkulu atau saat ini dikenal dengan Unib.

Unib didirikan pada tahun 1982, keputusan berdirinya unib berdasarkan Presiden RI Nomor 17 tahun 1982. Tidak berhenti sampai disana, para tetua juga memikirkan bagaimana mereka akan mengembangkan universitas tersebut.

Maka mereka berinisiatif menyumbangkan SDM dan SDA yang ada dengan cara menyerahkan mahasiswa Unseb kepada Unib dan diberikan lahan untuk pembangunan kampus seluas 24,9 hektar di Desa Beringin Raya Bengkulu saat itu.

Setelah berdirinya Unib pada tahun 1984 tepatnya pada tanggal 20 Mei, didirikan satu Universitas lagi oleh Yayasan Semarak Bengkulu yang bernama Universitas Prof.Dr. Hazairin, SH atau dikenal Unihaz. UNIHAZ mendapat amanah untuk melanjutkan tugas-tugas Universitas Semarak Bengkulu yang telah ditutup melalui proses passing out, sebagai syarat berdirinya Universitas Bengkulu.

Nama Hazairin sendiri merupakan salah satu pejuang nasional dari bengkulu serta mantan Residen di Provinsi Bengkulu kala itu dan pembuat mata uang hazairin pertama di Bengkulu saat ekonomi sedang mengalami kesusahan. Untuk mengingat jasanya maka dibuatlah nama Universitas tersebut menjadi Universitas Prof.Dr. Hazairin, SH.