Tips Merakit Gundam Plastik Bagi Pemula

Gunpla. Cindy/BN

Gunpla atau Gundam Plastik merupakan mainan keluaran Bandai yang diadaptasi dari serial animenya.

Model kit ini menggambarkan kendaraan dan karakter alam semesta Gundam fiktif. Tentunya gunpla menjadi sangat populer di kalangan penggemar anime mecha sejak tahun 1980an.

Banyak jenis dan model yang dijual dari gunpla, seperti Gundam SD (Super Deformed), Gundam HG (High Grade), Gundam MG (Master Grade) dan masih banyak lagi.

Lantas bagaimana tips merakit gunpla bagi pemula? Simak langkah berikut :

1. Menentukan Gunpla yang Akan Dirakit

Hal utama yang harus disiapkan tentunya memilih jenis gunpla. Pilihlah jenis gunpla yang simple sehingga pemula tidak terlalu sulit merangkainya. Pemula bisa memulai merakit gunpla jenis Gundam SD (Super Deformed), dengan ukuran 8cm hingga 10cm.

2. Menyiapkan alat khusus

Bagi pemula yang ingin merakit gunpla, harus wajib memiliki alat khusus. Alat tersebut terdiri dari tang potong (nipper) untuk memotong rangkaian gunpla, jika tidak ada bisa menggunakan gunting biasa. Kemudian pen knife yang membantu dalam merapikan detail gunpla.

Selanjutnya file stick (amplas) untuk menghaluskan permukaan yang tidak terpotong, selain itu penggunaan gundam lining juga diperlukan karena berfungsi sebagai list detail gundam agar terlihat lebih nyata. Jika anda tidak memiliki gundam lining, bisa menggunakan drawing pen.

3. Ikuti Buku Panduan

Bagi pemula tentunya akan kebingungan dalam merakit gunpla untuk pertama kali. Oleh karena itu alangkah baiknya jika mengikuti panduan yang ada, ikuti langkah demi langkah sesuai buku panduan agar tidak ada yang terlewatkan.

4. Jangan Terburu-buru Agar Hasil Rapi

Selain mengikuti buku panduan, dalam merakit gunpla usahakan jangan terburu-buru. Nikmati prosesnya, dari awal melepaskan bagian-bagian gundam, memotong, mengikis hingga mengamplas gunpla. Sehingga hasil yang diberikan akan lebih rapi dan sempurna.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen