Tips Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Tips Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Ilustrasi

Musim hujan dapat dikatakan sebagai musim untuk rawan terjangkit suatu  penyakit karena berbagai jenis mikroba serta virus lebih mudah berkembang biak.

Udara dingin, lembap, dan mendung yang identik dengan musim hujan bisa membuat daya tahan tubuh berkurang, apalagi aktivitas fisik cenderung menurun. Hal tersebut membuat  rentan diserang penyakit seperti  flu, demam, dan penyakit yang menyerang imun kita.

Mengutip laman resmi Direktorat Kementrian Kesehatan (KEMENKES) RI Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan saat musim hujan :

1.    Gizi yang seimbang dalam menjaga pola makan

Pemenuhan asupan gizi sangat penting bagi daya tahan tubuh. Jika seseorang kekurangan nutrisi maka akan berisiko terkena penyakit infeksi.

Sebaiknya perhatikan pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan, serta minum air putih yang cukup, agar asupan gizi terpenuhi atau cukup.

Jangan lupa untuk batasi gula, garam, dan minyak. Selain itu konsumsilah probiotik seperti yogurt, tahu, tempe, atau fermentasi sayuran seperti acar/kimchi untuk membantu menjaga kesehatan usus agar sistem pencernaan tetap lancar.

2.    Rutin melakukan olahraga

Berolahraga dapat memperbaiki mood dan yang paling penting, olahraga juga berperan dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Berolahraga secara rutin agar tubuh tetap hangat, sirkulasi darah dan otot tetap terjaga.

3.    Menjaga agar selalu tidur yang berkualitas

Perlunya tidur yang  cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Melansir Journal of the National Sleep Foundation, tentang rekomendasi waktu tidur yang dikeluarkan oleh National sleep Foundation, Washington USA, rekomendasi waktu tidur perhari sesuai usia, yaitu:

  • a.    Anak usia 3-5 tahun selama 10-13 jam
  • b.    Anak usia 6-13 tahun selama 9-11 jam
  • c.     Anak usia 14-17 tahun selama 8-10 jam
  • d.    Dewasa 18-64 tahun selama 7-9 jam
  • e.    Usia lansia lebih dari 65 tahun selama 7-8 jam per hari

4.    Manajemen stres dengan mengelola stres

Ketika terjadi suatu keadaan musim hujan, bisa saja kita terkendala saat berangkat beraktivitas sehingga membuat stres. Manajemen stres menjadi salah satu tips menjaga kesehatan di musim hujan agar tetap tenang menjalani kegiatan. Strategi fisik berupa relaksasi bisa diterapkan untuk menenangkan diri.

5.    Tetap menjaga tubuh agar selalu hangat

Memakai pakaian yang tebal serta perlunya untuk membawa jaket. Meminum air hangat juga dapat membuat tubuh tetap hangat. Mempersiapkan diri agar selalu membawa payung atau jas hujan, juga pakaian ganti saat perkiraan cuaca atau langit tampak mendung saat akan keluar rumah.

6.    Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Ketika datang musim hujan kadang – kadang tubuh kita akan mudah basah dan lingkungan sekitar bisa juga berdampak banjir. Kondisi ini tentu menjadi faktor penyakit. Untuk itu, penting untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, seperti:

  • Selalu mandi dua kali sehari.
  • Apabila basah karena kehujanan sebaiknya langsung mandi yang bersih dengan air hangat.
  • Menjaga kebersihan tangan dengan selalu mencuci tangan dengan baik dan benar dengan sabun dan air mengalir sebelum beraktivitas
  • Rutin melakukan 3M dengan menguras penampungan air, dan menutup tempat penampungan air,  memanfaatkan kembali barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang), juga disarankan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.
  •  Upayakan agar kaki tidak menginjak genangan air di rumah.

7.    Rutin mengkonsumsi vitamin C

Selama musim hujan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi cukup vitamin C. Vitamin C sangat berguna untuk membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga dapat membantu mencegah infeksi bakteri serta virus.

Baca Juga
Tinggalkan komen