Logo

Tips Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Memiliki kaki yang bau pastilah membuat diri tidak nyaman, terlebih harus melepaskan sepatu di rumah teman atau tempat umum. Karena akan mengganggu mereka dengan bau kaki yang tidak sedap.

Bau kaki sendiri bisa terjadi karena menumpuknya keringat dan bakteri, secara bersamaan. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor berikut :

  1. Cuaca panas.
  2. Olahraga atau aktivitas fisik.
  3. Berdiri sepanjang hari Kelebihan berat badan.
  4. Perubahan hormonal, yang terjadi selama pubertas, menopause, dan kehamilan.
  5. Pengaruh beberapa obat, seperti antidepresan.
  6. Kondisi yang menyebabkan keringat berlebih, yang disebut hiperhidrosis.
  7. Stress berlebih.
  8. Kurap atau infeksi jamur di kaki (athlete’s foot).

Lantas bagaimana ya, cara menghilangkan bau kaki? Berikut tips nya.

Teh Hitam

Menghilangkan bau kaki dapat dilakukan dengan memasak teh hitam. Karena di dalam teh hitam Ini mengandung asam tanat yang bisa membunuh bakteri penyebab bau. Caranya rebus 2 kantong teh hitam, hingga mendidih dalam satu liter air. Jika sudah keluarkan teh hitam dan tambahkan air biasa sebanyak 2 liter. Rendam kaki anda selama 30 menit.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki sifat yang dapat membantu membunuh bakteri, sehingga bisa menjadi obat untuk menghilangkan bau kaki secara alami. Hal tersebut dikarenakan, cuka apel memiliki potensi antimikroba untuk membantu membunuh bakteri dan menetralkan bau. Anda cukup merendam kaki dengan campuran 1/3 cangkir cuka sari apel dan air kedalam baskom.

Maizena

Maizena memiliki sifat menyerap keringat yang baik, sehingga membantu kaki anda terasa segar. Caranya taburkan maizena secara bebas ke kaki sebelum menggunakan kaos kaki, lakukan sekali atau dua kali sehari. Selain itu untuk membersihkan kaki dan sepatu dari bau tidak sedap dapat menggunakan baking soda.

Tiga langkah diatas adalah cara untuk menghilangkan bau kaki secara alami. Nakun ada baiknya untuk menghindari bau kaki, sebelum terjadi pada Anda.

Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut, untuk mencegah bau kaki.

  1. Menggunakan sepatu berbeda.
  2. Menggunakan Kaos kaki yang menyerap keringat.
  3. Menjaga kebersihan kaki, seperti menggunting kuku, mencuci kaki dan sepatu secara rutin.