Tips Membuka Akun Instagram yang Terkena Hack

Foto, Republika

JAKARTA – Siber Bareskrim Polri atau CCIC Polri, memberikan tips dan cara mudah untuk membuka hack pada akun Instagram. Adapun hack Instagram adalah upaya yang dilakukan seseorang yang ingin mengambil alih akun untuk sebuah kepentingan atau tujuan tertentu lainnya.

Maka dari itu, CCIC Polri merangkum cara untuk mengembalikan akun Instagram yang terkena hack dalam beberapa langkah berikut. Sebagaimana dari Instagram @ccicpolri pada Minggu (28/11/2021), ini adalah beberapa langkah untuk mengembalikan akun Instagram yang terkena hack.

1. Pemilik Akun Instagram mengatur ulang akun melalui email

Pada saat akun instagram terkena hack, pemilik akun akan menerima email dari security @mail.Instagram.com yang memberitahukan jika email sudah dirubah. Setelah itu, pemilik akun dapat langsung membatalkan pemberitahuan tersebut dengan memilih opsi ‘Kembalikan Perubahan Ini’ pada pesan email tersebut.

Selain itu, pemilik akun dapat mengubah password Instagram yang terkena hack dengan cara men-generate link reset password agar dikirim melalui email.

2. Pemilik akun mengatur ulang akun melalui aplikasi mobile

Pada halaman Log-in Akun, pemilik akun dapat mengetuk menu ‘Dapatkan Bantuan untuk Login’ dan kembali input nama pengguna, Email atau Nomor Hp. Pemilik aku harus mengetuk menu ‘Perlu bantuan lain?’ lalu ikuti petunjuk yang terdapat di halaman tersebut.

Kemudian, pemilik akun harus memilih alamat email atau Nomor Telepon lalu ketuk pada menu ‘Kirim Kode Keamanan’.

Sementara itu, apabila pemilik akun tidak dapat menerima kode keamanan, maka ketuk menu ‘Saya Tidak Bisa Mengakses Email atau Nomor Telepon’.

3. Memverifikasi identitas melalui Aplikasi Mobile

Pastikan Instagram mengirimkan permintaan pemulihan akun dengan meminta foto, atau meminta verifikasi identitas berupa alamat email atau telepon.

Jika Instagram tidak meminta foto atau email dan nomor telepon, maka Instagram akan meminta pemilik akun untuk mengambil foto selfie berbagai arah. (rls)

Baca Juga
Tinggalkan komen