Tips Atasi Layar Gadget yang Tidak Bisa Disentuh

Tips Atasi Layar Gadget yang Tidak Bisa Disentuh

Ilustrasi BN

Pengguna smartphone pastilah panik bukan, jika layar ponselnya mendadak tidak bisa disentuh. Pengoperasian ponsel terganggu, karena pengguna tidak bisa menggunakan beberapa aplikasi yang diinginkan.

Kerusakan pada touchscreen ponsel biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tidak sengaja terjatuh, tercebur dalam air, bahkan tertimpa benda berat.

Lalu bagaimana cara mengatasi layar ponsel yang tidak bisa tersentuh, ikuti tips berikut :

1. Restart Smartphone

Tindakan pertama dapat dilakukan adalah memuat ulang (restart) smartphone, karena dapat membantu mengembalikan proses yang tengah berjalan di sistem kembali ke pengaturan semula.

Penyebab layar smartphone tidak bekerja, mungkin saja diakibatkan pada kendala disistem operasi. Pengguna bisa melakukan restart dengan cara berikut :

• Tekan dan tahan tombol daya (power) selama beberapa detik
• Pilih opsi “Restart”, jika layat tidak bisa menyentuh total bisa menggunakan tombol volume
• Kemudian setelah ponsel sudah di-restart, coba kembali mengoperasikan layar sentuh apakah sudah bekerja atau belum.

2. Safe Mode

Jika layar smartphone tidak bisa disentuh secara normal dalam waktu tertentu, hal yang bisa dilakukan adalah melakukan restart dengan Safe Mode.

Cara safe mode di smartphone android memungkinkan perangkat berjalan sesuai dengan sistem bawaan.

Biasanya layar yang tidak bisa disentuh dalam waktu tertentu disebabkan karena aplikasi yang baru diunduh, rupanya tidak terinstal sempurna dan justru membawa malware. Langkah yang harus dilakukan sebagai berikut :

• Tekan dan tahan tombol daya (power) selama beberapa detik
• Pilih opsi “Power Off”
• Ketika ponsel sudah dalam keadaan mati, pengguna bisa kembali menekan tombol power dan volume down secara bersama

3. Lepaskan Lapisan Anti-Gores

Screen protector atau lapisan anti-gores biasanya digunakan untuk melindungi layar smartphone dari goresan yang mengakibatkan gesekan benda.

Namun tidak juga memungkiri bahwa lapisan ini dapat mengurangi maupun menghalangi respon sentuhan tangan hingga sulit ditangkap sensor layar. Jika layar pada ponsel tidak bekerja dengan baik, cobalah untuk melepaskan anti-gores yang terpasang.

4. Layanan Servis

Jika pengguna sudah mencoba beberapa cara diatas dan layar smartphone masih tidak bisa digunakan, cara terakhir yang dilakukan adalah mengunjungi layanan service center ponsel. Pastikanpergi ke service center ponsel resmi brand handphone agar suku cadang yang diberikan asli.

Baca Juga
Tinggalkan komen