Bengkulu News #KitoNian

Tiga Tips Atasi Kurang Tidur Selama Ramadhan

Sudah menjadi hal yang bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur adalah permasalahan sering terjadi pada setiap orang. Terlebih lagi pada saat bulan puasa ini berubahnya pola tidur menjadi permasalah yang sering kali membuat kita kurang tidur.

Banyak dari kita yang mengalami kurang tidur karena terpotong jadwal sahur dan berbagi rutinitas sosial yang seringkali berlangsung hingga larut malam.

Tentunya, hal tersbut bisa mengganggu jam biologis kita dan mempengaruhi Kesehatan kita.

Simak 3 tips di bawah ini agar dampak buruk seperti sering sakit kepala, berkurangnya fungsi kognitif pada tubuh kita tidak terjadi.

  1. Atur Kembali Waktu Tidur

pada saat bulan puasa kamu bisa mencoba untuk tidur siang lebih lama sekitar 20 menit. Kemudian kamu bisa mencoba tidur malam, minimal 4 jam di malam hari setelah berbuka puasa, sebelum bangun untuk sahur dan subuh. Lalu setelah menjalankan ibadah solat subuh, kamu bisa mencoba Kembali tidur selama beberapa jam.

  1. Perhatikan Apa yang Kamu Makan dan Minum

Kamu bisa menghindari makan makanan berat, berlemak atau bergula saat berbuka. Hal ini bisa memicu tidurmu bisa tergantung karena tubuh kalian bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut. Selain itu makanan yang sangat pedas juga bisa mengganggu kualitas tidur anda karena dapat menyebabkan penumpukan gas dan mulas.

  1. Ciptakan Ruang Tidur yang Nyaman

Memiliki ruangan yang tenang dan gelap sangat ideal untuk tidur nyenyak. Kamu juga harus menghindari menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, dan TV saat menjelang tidur karena Blue Light dari layar dapat mengganggu kualitas tidur kamu.

Baca Juga
Tinggalkan komen