Logo

Target RM, Selain Destinasi Wisata Pulau Enggano Jadi Pangkalan Militer

bengkulunews.co.id – Pulau Enggano merupakan pulau terluar di Provinsi Bengkulu yang memiliki banyak potensi. Namun belum mendapatkan perhatian serius dari Kementerian Kemaritiman dan Kementerian Politik, Hukum dan Hak Asasi Manusia (Polhukam).

Karenanya Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti (RM) menargetkan Pulau Enggano menjadi destinasi wisata nasional. Kemudian menjadikan pulau tersebut sebagai pangkalan militer TNI.

“Pulau Enggano merupakan pulau terluar dan terluar dari Republik Indonesia, tetapi saat ini Pulau Enggano belum dimasukan dalam pengembangan pulau terluar dari Kementerian Koordinator Kemaritiman, kami mohon Enggano untuk dimasukan dalam pengembangan pulau terluar,” kata RM.

Lebih lanjut RM mengutarakan, Banyaknya potensi yang dimiliki Enggano, termasuk potensi wisata, menjadikan pulau tersebut sebagai semangat baru dalam pembangunan di Provinsi Bengkulu.

Apalagi akses menuju ke Pulau Enggano sudah didukung dengan keberadaan bandara perintis dan pelabuhan. Selain menargetkan Enggano menjadi destinasi wisata nasional, RM pun menargetkan pulau itu dijadikan sebagai pusat pelatihan TNI.

“Kami mendengar berita bahwa banyak yang keberatan pengembangan Bandara Halim Perdana Kusuma menjadi komersil, serta pusat pelatihan TNI di Kepulauan Natuna yang semakin banyak gangguan, karena sudah banyaknya rute penerbangan di situ sehingga menganggu latihan TNI. Kami menawarkan Pulau Enggano untuk menjadi pangkalan pertahanan militer Indonesia,” tandas RM. (126)