Logo

Taman Pantai Berkas, Tempat Bersantai bersama Keluarga di Akhir Pekan

KOTA BENGKULU – Kota Bengkulu terkenal dengan wisata pantainya yang menarik. Wisata alam yang identik dengan pasirnya yang putih dan pohon cemara yang rindang ini menjadi ikon yang memikat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batik Basurek.

Tidak hanya menikmati deburan ombak yang menepi, sepanjang pantai juga dilengkapi dengan sejumlah wahana dan taman bermain. Tempat-tempat ini cocok dijadikan lokasi untuk bersantai atau beristirahat usai menikmati pemandangan.

Jembatan melengkung di Taman Berkas. Foto, BN

Salah satu lokasi yang sayang untuk dilewatkan yakni Taman Pantai Berkas. Taman ini terletak di jalan Kerapu, kelurahan Berkas, kecamatan Teluk Segara. Taman dengan luas beberapa hektare ini diresmikan oleh Wali Kota Helmi Hasan pada Desember 2017 lalu.

Awalnya, lokasi ini merupakan hutan cemara yang kerap dijadikan warga sebagai tempat pembuangan sampah. Melalui inisiatif walikota, tempat ini disulap menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ramah pengunjung.

Jembatan melengkung di Taman Berkas. Foto, BN

Di dalamnya dibangun sebuah jembatan meliuk yang bisa dinaiki oleh wisatawan. Di atas lengkungan jembatan, wisatawan tetap dapat melihat keindahan pantai yang mempesona. Spot ini sangat cocok untuk para pemburu senja yang menantikan datangnya sunset.

Jembatan itu dibangun setinggi kurang lebih 3 meter dengan lebar sekira 2 meter. Pada bagian tepi dilengkapi pembatas yang kokoh sehingga aman bagi wisatawan. Jembatan ini memiliki dua tangga datar. Jadi wisatawan tidak perlu repot untuk kembali ke tanggal awal jika ingin turun.

Anak-anak yang bermain di Taman Berkas. Foto, BN

Belum cukup? di sisi lain taman juga disediakan fasilitas untuk bermain skateboard. Wahana permainan anak-anak, penyewaan sepeda dan kursi untuk berteduh juga melengkapi Taman Pantai Berkas menjadi lokasi wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga.

Urusan perut jangan khawatir. Di sekitar taman, berderet warga yang menjajakan kuliner untuk mengenyangkan wisatawan. Sebagian dari penjual khusus menjajakan kuliner khas Bengkulu.

Taman Berkas. Foto, BN

Untuk menuju ke sini, rutenya sangat gampang. Dari arah Bencoolen Indah Mall, wisatawan cukup menyusuri pantai sekira dua kilometer menuju ke arah Benteng Marlborough. Taman ini bisa anda jumpai setelah menemukan pertigaan. Yang paling menarik, anda bisa mengakses taman ini secara gratis. Cukup dengan parkir Rp 2 ribu. (red)