Logo

Tabut Dibawa PLN ke Tarap Internasional

Manager Area PLN Bengkulu,  Faris Al Hakim saat menabuh dol di acara ritual tabut naik puncak

Manager Area PLN Bengkulu, Faris Al Hakim saat menabuh dol di acara ritual tabut naik puncak

bengkulunews.co.id – Peduli akan budaya nusantara, PLN ikut berpartisipasi dalam event besar Provinsi Bengkulu yakni festival Tabut 2016. Dengan program bina lingkungannya PLN ingin melestarikan budaya Bengkulu ini ke tarap internasional.

Dikatakan Manager Area PLN Bengkulu, Faris Alhakim, budaya tabut harus terekspos luas dan dikenal dunia. Agar pengaruh besar juga dapat dirasakan Provinsi Bengkulu. “Dengan tereksposnya budaya tabot ini hingga ke tahap internasional, dapat membantu perekonomian di Bengkulu. Karena wisatawan baik lokal dan manca negara akan berdatangan ke Bengkulu,” katanya.

Ini juga, lanjutnya, dalam rangka hari listrik nasional yang bertepatan pada tanggal 7 Oktober. PLN juga akan selalu mendukung baik moril dan materil untuk kesuksesan acara besar ini.

Saat ritual naik puncak, Manager PLN Area Bengkulu juga ikut menabuh dol. Hingga wajah dan bahunya dibasahi keringat.

Dirinya semangat, seperti semangat untuk melestarikan budaya yang unik ini. “Yakin budaya tabut dapat menarik perhatian wisatawan manca negara,” ujarnya.

Setelah menabuh dol, Faris Alhakim juga ikut menari ditengah-tengah penabuh dol bersama Kerukunan Krluarga Tabut (KKT). Seirama dengan tabuhan dol ia mengangkat kedua tangannya ke atas dan berputar.

Kegiatan terakhir yakni pembuangan Tabut yang dilakukan hari ini. “Kami akan ikut pembuangan tabut. Sambil mengetahui budaya unik ini dan sejarahnya,” pungkasnya. (cw2/rls)