Logo

Serapan Anggaran di Disdikbud Provinsi Bengkulu Rendah

?

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Serapan anggaran khususnya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bengkulu. Pasalnya hingga pertengahan tahun ini serapan anggaran pendidikan masih di bawah 20 persen.

“Nyaris seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Bengkulu serapan anggarannya masih di bawah 20 persen tidak terkecuali di Dinas Pendidikan. Ini sangat kita sesalkan. enam bulan berjalan, anggaran belum terserap sampai 20 persen,” kata anggota Komisi IV, Siption Muhadi, Jum’at (30/6/2017).

Menurut Siption, sampai sekarang masih banyaknya kegiatan fisik yang belum masuk daftar lelang ULP.

“Jika alasan OPD rendahnya serapan anggaran itu, disebabkan banyak revisi yang dilakukan. Saya tegaskan tidak seluruhnya direvisi karena program tetap bisa berjalan,” jelasnya.

Diterangkan Siption, minimnya serapan anggaran hingga pertengahan tahun berdampak tidak baik terhadap daerah pembangunan dan perekonomian.

“Kalau dampaknya, ya kita stagnasi dalam pembayaran kegiatan serta dalam mendampingi dana APBN. Selanjutnya terjadi hambatan dalam penyaluran kebutuhan sekolah,” tuturnya.

“Tidak terealisasinya kegiatan yang telah direncanakan satu tahun berjalan. Sebenarnya kami dari Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu sangat berharap kepada Kadis Dikbud serta jajarannya bekerja ekstra agar serapan anggaran maksimal,” pungkas Siption.