Logo

Semangat Kekompakan dan Kekeluargaan Modal Besar Bangun Senali

bengkulunews.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Senali, Kecamatan Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara membangun desa dengan modal besar kekompakan dan semangat kekeluargaan untuk percepatan pembangunan infrastruktur di desanya.

Dikatakan Kades Senali, Nasrul Hadi, bahwa selain bermodalkan kekompakan dan kekeluargaan juga didukung melalui program pemerintah pusat yaitu Angaran Dana Desa ( ADD) dan Dana Desa (DD) khusus pada penyerapan ADD/DD tahap 2016.

Terlebih lagi, dipastikannya, pembangunan desa berjalan dengan baik dan semaksimal mungkin, karena telah disepakati bersama warga itu sendiri.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu dan kompak mendorong percepatan pembangunan fisik maupun non fisik untuk memaksimalkan penyerapan pembangunan ADD dan DD berdasarkan kebutuhan masyarakat dalam jangka panjang dan langsung dirasakan oleh masyarakat setempat,” kata Kades, Minggu (25/12).

Lanjut kades, program prioritas yang dikerjakan sekarang ini hanya tinggal 40% hasil musyawarah desa yang telah dituangkan APBDes, yaitu membuat pagar kantor desa sepanjang kurang lebih 30 meter dan rabat beton cuma 2 aitem saja.

“Walaupun saya selaku kades maupun perangkat lainya tidak mau mengambil keputusan semena-mena terhadap pendapat kami saja, karena DD dan ADD ini seutuhnya untuk masyarakat sini khususnya Desa Senali, untuk itu apapun keluhan masyarakat baik dalam segi pembangunan maupun untuk pengurusan desa tidak akan saya persulit supaya warga tidak kecewa dengan Kades yang dipilihnya dan saya tidak mau ada gunjingan dari warga sini tentang dana yang dikucurkan oleh pemerintah ini, kita terbuka,” tegasnya.

Di tempat terpisah, salah seorang warga desa setempat, Herman mengatakan, kalau Kades yang baru ini sosoknya sangat membantu masyarakat baik pengurusan di desa maupun lainnya.

Selain itu, kata dia, selalu sigap dan tidak mudah mengeluh terhadap warga dan mudah bergaul baik tua maupun muda mudi yang ada di Desa Senali ini.

“Kemarin saya ada pengurusan masalah jual beli tanah biasanya sulit ngurus SKT, tapi dengan Kades baru ini tinggal ditunggu sebentar langsung beliau mengasih arahan terhadap saya dan cepat mengeluarkan surat tersebut, meskipun tidak ada imbalan. Saya berterima kasih terhadap Kades kami ini mas, orangnya terbuka dan transparan terhadap warga sini beliau juga rela berkorban demi memajukan desa senali ini,” beber Herman.(jbeu/prw)