Logo
Dempo Xler

Satpol PP Harus Mampu Mengedukasi Masyarakat

Menjalankan tugasnya, Satpol PP se-Provinsi Bengkulu dididik dan dilatih mengedepankan dialog dan sikap humanis.

Menjalankan tugasnya, Satpol PP se-Provinsi Bengkulu dididik dan dilatih mengedepankan dialog dan sikap humanis.

Menjalankan tugasnya, Satpol PP se-Provinsi Bengkulu dididik dan dilatih mengedepankan dialog dan sikap humanis.

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) se-Provinsi Bengkulu dalam menjalankan tugas penegakan Peraturan Daerah serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, diimbau untuk tetap bersikap Humanis dan mengedepankan dialog. Selain bertugas sesuai SOP (stantar operasional prosedur), anggota Satpol PP hendaknya mampu mengedukasi masyarakat.

“Prosedur dalam menjalankan tugas, sudah diatur. Untuk itu, anggota Satpol PP hendaknya mampu mengedukasi masyarakat, tujuannya agar menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan-aturan yang ada,” tutur Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, usai memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-67 di halaman kantor Gubernur Bengkulu, pada Selasa (21/03/2017).

Tahun ini, lanjut Rohidin, Kemendagri telah mendirikan Pusat Pendidikan dan Latihan Satpol PP di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Guna meningkatkan kapasitas dan kualitas personil Satpol PP yang andal, dirinya mendorong Satpol PP se-Provinsi Bengkulu untuk dapat memanfaatkan kesempatan pendidikan dan pelatihan di tempat itu.

“Tentunya dengan kesiapan personil Satpol PP serta dukungan anggaran. Dengan dilatih dan dididik, kita akan mempunyai Satpol PP yang berwawasan luas, disiplin dan berintegritas dalam menjalankan tugas. Satpol PP itu melayani bukan dilayani,” ucapnya.

Upacara kali ini digelar bersamaan dengan peringatan HUT Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) ke-55. Dalam arahan Mendagri Tjahjo Kumolo yang dibacakan Inspektur upacara, diharapkan Satpol PP terus menjaga kemajemukan dan toleransi di daerah seluruh wilayah NKRI.

Pada kesempatan itu, Kepala Satpol PP Provinsi Bengkulu Juniwanto menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan kerjasama dengan komponen pemerintahan lain, Kepolisian serta TNI demi terjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Kita terus bangun sinergi antar komponen, mulai dari Linmas Polisi dan juga TNI. Ini sebagai wujud keseriusan untuk terciptanya keamanan, ketertiban dan tentunya ketentraman di masyarakat,” tegas Juniwanto.

Usai uparaca ditampilkan kreasi musik dol juga tari-tarian. Pertunjukan dilakukan oleh anggota Satpol PP dari kabupaten kota dan juga anggota dari Provinsi Bengkulu. Pada hari sebelumnya juga dilakukan gotong-royong membersihkan Pantai Panjang oleh gabungan Satpol PP se-Provinsi Bengkulu.

Tema peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas Tahun 2017 ini mengusung tema “Kita Wujudkan Polisi Pamong Praja dan Linmas yang Berdedikasi, Disiplin, Tegas dan Berwibawa,”

Baca Juga : 9 Peserta Seleksi Honorer Satpol PP akan Digugurkan