Logo

Rumah Ketua RW di Permukiman Padat Penduduk di Sawah Lebar Terbakar

BENGKULU – Sebuah rumah padat penduduk di jalan Jati 4, RT 05 RW 02 Kelurahan Sawah Lebar, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu ludes terbakar, Kamis (13/07/2023).

Kepala Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) Kota Bengkulu, Yuliansyah mengatakan, insiden kebakaran dilaporkan warga terjadi pukul 09.00 WIB.

Kebakaran tersebut pertama kali diketahui oleh pemilik rumah itu sendiri, yaitu Silahudin yang juga merupakan Ketua RW 2, Kelurahan Sawah Lebar.

Silahudin menjelaskan, saat itu ia bersama istri dan anaknya sedang berada di teras rumahnya. Ketika hendak masuk ke rumah, ia melihat api yang sudah membesar muncul dari dapur rumahnya.

“Yang masak juga gak ada. Ketika ke belakang api itu sudah besar tidak bisa lagi dipadamkan. Kalau saya tidak bisa menduga berasal dari mana. Karena tidak ada yang masak yang main api juga gak ada. Mungkin listrik,” jelasnya.

Akibat dari peristiwa itu, hampir seluruh barang-barang di dalam rumah Silahudin hangus terbakar. “Ada duit dikit, mobil, sepeda Alhamdulillah bisa diselamatkan. Keluarga selamat semua juga,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas PBK Kota Bengkulu, Yuliansyah mengaku sedikit kesulitan untuk melakukan pemadaman rumah tersebut. Sebab, rumah itu berada di dalam gang yang sempit.

“Sebenarnya kondisi disini cepat bisa kita atasi. Cuma kita hanya kendala di akses jalan. Dimana ini jalan sempit, kemudian belum lagi banyak mobil-mobil warga yang terparkir di pinggir jalan. Jadi mobil yang besar kita itu tidak bisa masuk,” kata Kadis PBK.