Logo

RSUD Curup Antisipasi Wabah Virus Corona

REJANG LEBONG – RSUD Curup telah mengantisipasi jika adanya pasien terkena virus Corona di Kabupaten Rejang Lebong. Walaupun tidak melakukan persiapan khusus seperti ruangan isolasi, tenaga medis dan peralatan khusus lainnya.

“Meskipun RSUD Curup bukan merupakan salah satu rujukan pasien terkena terkena virus Corona, tetapi tetap melakukan antisipasi,” kata Dirut RSUD Curup, dr Samiri (28/1/2020).

Dijelaskanya lagi, Kemenkes RI telah menetapkan beberapa rumah sakit sebagai rujukan penanganan pasien yang terkena Virus Corona, yang terdekat adalah rumah sakit di Lubuk Linggau (Sumsel) dan rumah sakit di Kota Bengkulu.

Menurut Samiri, hingga saat ini tidak terdapat pasien yang dirawat terkena virus Corona di RSUD Curup, pasien yang ditangani hanya penderita biasa, seperti penyakit Ispa, penyakit dalam dan penyakit non infeksi.

Virus Corona ditularkan lewat udara, biasanya menyerang saluran pernapasan dan pencernaan dengan proses cepat, ditandai dengan gejala panas, sesak nafas san muntah-muntah.

Masyarakat diharapkan tetap menjaga kesehatan, biasakan mencuci tangan, pakai masker jika bepergian dan jika ada gejala segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Hindari kontak langsung dengan hewan yang dianggap sebagai penular virus tersebut, seperti kelelawar,” tutup Samiri.

 

 

Penulis: Dedi R