Logo

RM: Bengkulu Alami Kelesuhan Ekonomi

bengkulunews.co.id – Tidak digerakkannya ekonomi kreatif dan menurunnya daya beli masyarakat membuat Provinsi Bengkulu mengalami kelesuhan ekonomi. “Sekarang Bengkulu mengalami kelesuhan ekonomi,” kata Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti (RM).

Karena itu RM menegaskan APBD harus menjadi stimulus penggerak investasi. Semakin banyak investor yang mendirikan usahanya di Bengkulu, semakin besar lapangan kerja yang tercipta.

Tidak adanya investasi besar yang masuk ke Bengkulu, kata RM, dikarenakan selama ini pemprov keliru membelanjakan APBD. Pola belanja pemerintah belum mampu membuka lapangan kerja baru.

Pemprov Bengkulu membelanjakan APBD RP 9 triliun, namun hanya menghasilkan investasi Rp 2,5 triliun. Itu berarti kalau dipandang dari ekonomi dagang, pemerintah banyak mengalami kerugian.

Harusnya, lanjut RM, belanja APBD sebesar Rp 9 triliun dapat menghasilkan investasi Rp 18 triliun. “Biarlah gubernur dan pejabat terkait yang memikirkan kemajuan Provinsi Bengkulu ke depan. Kalau ada yang ngomong APBD bisa dilipatgandakan dari 2,5 triliun menjadi 5 triliun itu omong kosong kalau masalah fiskalnya tidak dibenahi,” pungkasnya. (126)