Logo

Rejang Lebong Dibantu Ribuan Bibit Jeruk

 

REJANG LEBONG – Kementan RI menyerahkan bantuan bibit Buah Jeruk pada Pemkab. Rejang Lebong untuk selanjutnya diserahkan pada petani, di BPTP Pal VIII Kecamatan Bermani Ulu Raya, Senin (27/04/2020).

Bantuan dari Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) diserahkan secara simbolis oleh Kepala BPTP Bengkulu Yudi Sastro kepada Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi dan diteruskan pada petani.

“Total bibit Buah Jeruk yang akan dibantu sebanyak 9.000 batang, dan baru sampai sebanyak 4.000 batang, yang rencananya untuk 10 kelompok petani Jeruk di Kecamatan Bermani Ulu Raya,” kata Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi didampingi Kadispertan Rejang Lebong Suherman.

Bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian dari Kementan RI, karena bibit yang telah dibantu sebelumnya telah sukses ditanam dan membentuk suatu kawasan perkebunan Jeruk serta telah berproduksi.

Pemkab. Rejang Lebong akan kembali mendapatkan bantuan berupa bibit Buah Apel, Kelengkeng dan Strawbery masing-masing sebanyak 10.000 batang.

Untuk kawasan perkebunan Jeruk, Rejang Lebong telah menetapkan 5 kawasan yaitu Kecamatan Bermani Ulu Raya, Bermani Ulu, Sindang Kelingi, Sindang Dataran dan Kec. Selupu Rejang. Untuk buah Kelengkeng di daerah panas seperti Padang Ulak Tanding (PUT) dan Kota Padang, sedangkan Buah Apel di Sindang Dataran.

“Pemkab. Rejang Lebong juga mengharapkan dukungan Kementan RI, karena akan menanam Jagung ratusan hektar. Serta akan meminjam lahan TNKS untuk ditanami Padi sebagai upaya menjaga ketersediaan pangan pasca Covid-19,” tutupnya.
Penulis: Dedi R