Bengkulu News #KitoNian

Prosesi Pernikahan Adat Bengkulu, Dari Bedabung hingga Bedendang

Penulis : Cindy

Prosesi Bedabung. Pengantin wanita dikikir giginya diiringi oleh musik adat berupa gendang serunai, dan dilengkapi oleh hidangan khas rujak serta nasi kunyit. Foto, Cindy/BN

Hallo viewers happy satnite hoho, apa kabar viewers? Tetunya dalam keadaan sehat dan baik-baik saja ya viewers. Nah kali ini mimin mau share tentang Prosesi Pernikahan Adat Bengkulu, siapa tau viewers yang orang bengkulu mau menikah menggunakan adat ini. Apa aja si prosesisnya? Langsung aja..

1. Bedabung

Dalam hal ini si pengantin wanita dikikir giginya diiringi oleh musik adat berupa gendang serunai, dan dilengkapi oleh hidangan khas rujak srta nasi kunyit. Calon mempelai berbusana adat berupa kebaya pengantin dengan hiasan sanggul sikek.

2. Menerima Belanjo (Hantaran)

Sama halnya dengan seserahan dan mas kawin dari pihak keluarga calon mempelai laki-laki, stelah itu kedua pengantin duduk bertunangan dan sekaligus pelaksanaan prosesi penerimaan seserahan. Barulah dilanjutkan dengan Akad, para pengantin menggunakan pakaian adat.

3. Akad

Dalam akad nikah penganten laki-laki mengambil te,pat di majelis akad nikah di depan susunan sirih cerano dengan duduk mengangkat sembah sujud kepada calon mertua dengan mengucapkan “Mohon saya dinikahkan kepada anak Bapak yang bernama … binti …” kemudian orangtua menjawab “Ya Insya-Allah” lalu dilanjutkan prosesi Akad nikah secara agama.

4. Hadang Galah

Dalam prosesi ini ada tua-tua yang menghadang jalanya pengantin laki-laki menuju pengantin perempuan dengan dihadang galah oleh tuokerjo, hadang kain oleh tuo sambal, dan hadang kipas oleh induk inang di pelaminan dengan saling berbalas pantun menggunakan bahasa kias ibarat simbol kerja beradat. Sebelum adat Hadang ini dimulai biasanya para tetua melakukan beberapa gerakan silat.

5. Mufakat Raja Penghulu

Dimana tuokerjo dengan menghadap nenek mamak meminta restu dan petunjuk suluh berjalan ditempat kelam, dan tongkat untuk mendaki bukit dan lurah untuk menemui kampung. Raja penghulu ditemani limoberadik (sirih cerano) datang menghadap dan mengangkat sembah sirih celano jalan kepada Rajo penghulu (ketua adat) untuk meminjam adat.

6. Belarak

Dilaksanakan pada hari yang sama Belarak merupakan prosesi dimana penganten lelaki dan perempuan diarak dengan kendaraan tertentu yang dipandu oleh Induk Inang dan TuoKerjo yang diikutsertakan oleh seluruh sanak famili penganten yang diiringi bunyi serunai. Biasanya dilaksanakan setelah waktu salat Ashar.

7. Mandi-mandian

Acara mandi-mandi penganten adalah kedua penganten melakukan prosesi siraman diiringi dengan bunyi gendang serunai dan puncak pedang yang dipimpin oleh Induk Inang dan Tuokerjo. Mempelai dimandikan oleh pihak keluargo masing-masing. Perlengkapan mandi disediakan oleh lembaga adat, saat ini biasanya perlengkapan adat sudah langsung disiapkan oleh pihak salon, dibalut dengan kain besurek dengan menggunakan sunting adat lengkap. Penanggungjawab acara ini biasanya adalah Induk Inang, TuoKerjo dan Tuo Sirih.

8. Bedendang

Bedendang dilaksanakan pada malam harinya. Adalah acara kesenian yang diiringi oleh alunan musik biola dan tepuk tari sorak sorai kesenian asli Bengkulu. Kegiatan ini diawali dengan tari Bedampeng/berendai sampai dengan tari kain. Mutus tari dilakukan oleh mempelai laki-laki.

Itulah beberapa rangkaian prosesi adat Bengkulu ya viewers, prosesi ini bisa dilakukan dalam satu hari atau hari-hari lain. Tentunya prosesi adat Bengkulu sendiri sangatlah keras, masih ada beberapa rangkaian lagi setelah rangkaian diatas so jangan ketinggalan tetap stay trus untuk selalu membaca Bengkulunews.co.is karna disini banyak pengetahuan dan pengalaman yang bisa dipelajari. Oke mimin pamit undur diri see and bye-bye.

Baca Juga
Tinggalkan komen