PPKM Dicabut, PeduliLindungi akan Dialihkan ke Platfrom Satu Sehat

Tangkapan layar Aplikasi PeduliLindungi

Mentri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadin Sadikin, dalam konferensi persnya di Istana Kepresidenan Jakarta hari ini memberitahukan aplikasi Pedulilindungi akan ditransformasikan ke dalam platform Satusehat yang diluncurkan Kementerian Kesehatan pada Juli 2022.

“Nanti Pedulilindungi kita transformasikan ke platform Satusehat,” kata Budi melansir dari laman youtube Sekertariatan Presiden dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (2/1/2023).

Budi juga menjelaskan platform Satusehat nanti tak sekadar untuk mengetahui informasi vaksin dan scanning oleh warga. Aplikasi ini juga bisa mengetahui belbagai rekam jejak kesehatan masyarakat yang menggunakannya.

“Bisa tahu imunisasi anak kita yang pakai apa saja. Kalau kita cek darah di laboratorium masuk datanya ke situ. Misal check-up rumah sakit masuk, bukan hanya data tulisan, tapi data image dan video Ct-Scan MRI masuk. Kalau kita beli obat di apotek masuk,” kata dia.

Budi mengatakan aplikasi Pedulilindungi nantinya dapat menjadi milik individu warga. Harapannya, dokter dapat dengan mudah melihat rekam jejak kesehatan seseorang dari aplikasi tersebut, sehingga penanganannya akan jauh lebih cepat.

“Dokternya bisa lihat. Misal dia rajin lari, jantungnya bagus, enggak pernah check up jantung, tapi perutnya bermasalah. Jadi dokternya jauh cepat tahu,” ujar lebih lanjut dalam wawancaranya.

Penulis : Zagita Allifya

Baca Juga
Tinggalkan komen