Logo

Pengurus Baru Koni Diharapkan Mampu Tingkatkan Prestasi Olahraga

Pengurus KONi Bengkulu 2017-2021 dilantik. Foto : Media Center Pemprov

Bengkulu – Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia KONI Pusat Mayjend (Purn) TNI Tono Suratman resmi melantik Pengurus KONI Provinsi Bengkulu 2017-2021, di Gedung Sebra Guna (GSG) Pemprov Bengkulu, Rabu (13/12/2017). Dia berharap pengurus baru memberikan semangat baru dalam meningkatkan prestasi olahraga di provinsi yang dijuluki di Bumi Rafflesia ini.

“Selain prestasi dalam mengharumkan nama daerah, olahraga juga sebagai sarana dalam mempersatukan masyarakat,” pungkas Tono.

Tono menaruh harapan besar kepada kepengurusan baru dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi 2018 dan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke-X 2019. Dia mengatakan Bengkulu sebagai tuan rumah, atlet cabang olahraga (cabor) yang dikutkan bisa meraih prestasi.

“Dalam ajang itu, menjadi salah satu tolak ukur pengurus ini untuk membuktikak kepada  Pemerintah Bengkulu, bahwa mereka betul bekerja sesuai dengan program yang ada,” pungkasnya.

Dilain pihak, Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meyakini pengurus baru mampu mengangkat nama Bengkulu di tingkat nasional bahkan internasional melalui prestasi olahraga.

“Saya kira ini bisa menjadi semangat baru untuk kebangkitan olahraga di Bengkulu. Apalagi di 2019 kita menjadi tuan rumah Porwil, tentunya kesiapan infrastruktur, proses pembinaan atlet, saya kira harus menjadi fokus kita. Agar nanti sukses dalam pelaksanaan dan prestasi,” ungkap Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Terkait dengan anggaran olahraga yang akan diserahkan kepada KONI Bengkulu, Rohidin Mersyah menyebut akan dialokasikan. Namun, karena keterbatasan anggaran, alokasi dana difokuskan ke cabor yang paling menojol dan memiliki peluang mendapatkan prestasi.

“Saya akan lihat begini, money follow program priority. Saya mau lihat bagaimana KONI membuat satu grand desain prestasi. Cabor mana yang mau ditonjolkan, proses pembinaannya seperti apa, target medalinya dimana. Itu yang akan kita biayai, nah itu namanya uang ikut fungsi,” tutupnya.

Sementara itu, selain pelakasanaan pelantikan Pengurus KONI Provinsi Bengkulu periode 2017-2021, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada 4 atlet Bengkulu yang berhasil meraih medali perunggu pada PON 2016, Jawa Barat.