Logo

Pemprov Bengkulu Retas Desa Tertinggal

bengkulunews.co.id – Puluhan desa di Kabupaten Mukomuko harus diretas dari ketertinggalan. Setidaknya terdapat 37 desa yang harus dientaskan hingga tahun 2020.

“Tahun ini provinsi menargetkan peretasan untuk 4 desa,” kata kepala BPMPD (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa) Kabupaten Mukomuko Badi Uzaman, (11/3)

Pemprov Bengkulu gunakan setidaknya lima parameter. Lebih lanjut ia menjelaskan, lima parameter diterapkan pemprov yaitu akses jalan, sekolah dasar, layanan kesehatan, penerangan, dan pasar desa.

Berdasarkan parameter tersebut, data matrik dari pemprov Bengkulu menunjukkan ada 37 desa di Kabupaten Mukomuko harus diretas dari ketertinggalan. Untuk 2016 ini, terang Badi, adalah desa Mekar Jaya, Karang Jaya, tak miliki jalan kabupaten, SD apalagi puskesmas maupun pasar. Sedangkan Aur Cina, Kecamatan Selagan Raya jalannya koral namun tak miliki 3 parameter lain, dan hampir sama dengan Desa Air Merah.

“Program pengentasan desa ternggal, akan dilaksanakan dinas terkait yaikni budaya dan pendidikan, dinas PU, dan dinas koperas perindag. Termasuk BPMPD,” bebernya.

Jika target dan harapan tak terkendala, tambah Badi, pemerintah akan retas ketertinggalan secara bertahap. 13 desa pada 2017, 11 desa pada 2018, kemudian 2019 hingga 2020 tiap tahunnya 8 desa.

BPMPD Kabupaten akan mendukung program pemprov Bengkulu guna retas ketertinggalan saat ini. Sehingga terbangun sarana dan prasarana dasar di 37 desa tersebut. (122/WE)