Logo

Pemkab Mukomuko Akan Mengadakan Pawai Takbir Keliling Malam Idul Fitri 1445 Hijriah

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko akan menggelar pawai takbir keliling dalam rangka merayakan malam Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024. Ketetapan ini berdasarkan hasil keputusan rapat yang digelar di ruang rapat Kantor Bupati Mukomuko, Selasa (2/4/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M. Si mengungkapkan, dari rapat koordinasi yang diselenggarakan hari ini, dapat ditegaskan bahwasanya peserta rapat yang terdiri dari pihak Pemda dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta Kemenag Mukomuko menyetujui adanya pelaksanaan takbir keliling pada malam Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pemkab Mukomuko akan melibatkan semua pihak, mulai dari personel TNI-Polri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan dan pejabat di sejumlah OPD Pemkab Mukomuko.

Tak hanya itu, pada giat takbir keliling dan mengantar takbir ke rumah kepala daerah ini, cukup dispesialkan melibatkan kepala kaum, pegawai sara’ dan alim ulama di wilayah Kota Mukomuko.

“Berdasarkan keputusan bersama dalam forum rapat, disetujui adanya pelaksanaan takbir keliling dan pengantar takbir ke rumah kepala daerah,” kata Sekda Abdiyanto, usai memimpin rapat koordinasi.

Abdiyanto menjelaskan, istilah mengantar takbir ke rumah kepala daerah ini, sudah biasa dilakukan sejak dulunya. Ini sudah menjadi budaya daerah.

Dikatakan Abdiyanto, dulu setiap malam takbir ini, warga desa mengantar takbir ke rumah Kades, Kadus di desanya masing-masing. Untuk tingkat Pemkab, kegiatan mengantar takbir pada malam pelaksanaan takbir keliling ini akan digelar di rumah dinas kepada daerah.

“Untuk malam takbir pada lebaran kali ini, dikarenakan pak Bupati kita sudah berpamitan akan berlebaran di Jakarta. Maka, kegiatan mengantar takbir pada malam takbiran nanti ke Rumah Dinas Wakil Bupati Mukomuko,” terang Sekda Abdiyanto.

Sesuai dengan rencananya, takbir keliling ini dimulai sekitar pukul 20.00 WIB pada malam lebaran nanti. “Mudah-mudahan pada malam pelaksanaan nanti cuaca mendukung,” harapnya.

Disisi lain, pada malam penyelenggaraan takbir keliling oleh Pemkab Mukomuko, Pemerintah Kecamatan Kota Mukomuko bekerjasama dengan kelurahan dan tokoh pemuda kota akan membuat kejutan.

Menghiasi dan meramaikan malam takbiran dengan pemasangan ratusan permainan ghembing ghimbo.
Ghembing Ghimbo ini adalah sebuah permainan sebutan orang Mukomuko terhadap alat penerangan yang terbuat dari tempurung (batok) kelapa. Batok kelapa kering disusun rapi dan kemudian dibakar mulai dari bagian atas.

Camat Kota Mukomuko, Yulia, SE., M. Si juga menyampaikan, pada malam takbiran ini pemerintah kecamatan bersama pihak kelurahan dan pemuda juga akan meramaikan suasana kampung halaman dengan pemasangan ghembing ghimbo.

“zaqSesuai yang kami rencanakan, ada sekitar seratusan lebih ghembing ghimbo yang akan kami pasang. Lokasi pemasangan, di sekitar Bundaran Merdeka Pasar Mukomuko,” demikian Yulia.Adv/Defran