Logo

Pagar Ayu, Sekelompok Gadis Cantik yang ‘Dipajang’ di Pesta Pernikahan

Hari Minggu pastinya banyak banget Viewers yang sibuk ke acara nikahan temen ataupun saudara, pastinya viewers selalu nemuin yang namanya Pagar Ayu di setiap kondangan ya Viewers.

Nah Pagar Ayu sendiri adalah barisan gadis-gadis cantik yang menjadi penerima tamu di sebuah acara pernikahan loh Viewers, tentunya hal ini sudah tidak tabu lagi ya Viewers.

Para gadis ini ditemani oleh Pagar Bagus atau sejumlah pria yang juga memiliki tugas serupa, jumlahnya biasa berpasangan. Di sejumlah tempat, pagar ayu umumnya berjumlah enam orang, namun jumlah ini bisa berbeda tergantung adat istiadat daerah masing-masing.

Tidak begitu jelas darimana asala muasal pagar ayu dan pagar bagus ini. Ada yang bercerita tentang fungsinya sebagai pajangan di setiap pesta pernikahan. Cara ini ditempuh lantaran jaman dahulu para pemuda tidak memiliki kebiasaan untuk berkumpul di luar rumah.

Para tetua akhirnya memutuskan para gadis dan bujangan ditampilkan di pesta pernikahan. Harapannya, para pemuda-pemudi ini menemukan jodohnya dari pada undangan yang datang ke pesta. Biasanya setelah acara selesai ada orangtua yang langsung ketemuu orangtua lainnya untuk urusan pinang meminang.

Sejarahnya tidak begitu jelas. Namun pagar ayu saat ini bertugas untuk mengiringi pengantin, menyambut tamu dan melayani penganin wanita.

Pagar Ayu sebenarnya bisa ditemukan di Daerah mana saja. Namun memiliki berbagai macam penyebutan seperti yang kita tau bahwa sekarang ada istilah-istilah lain dari Pagar Ayu sendiri seperti Bridesmaid.

Namun keduanya memiliki perbedaan. Bridesmaid disebut sebagai pendamping pengantin wanita, beda halnya dengan pagar ayu yang merupakan pengiring pengantin wanita. Syarat untuk menjadi Pagar Ayu sendiri harus bisa saudara atau teman dekat, belum menikah dan tidak boleh lebih cantik dari pengantin.

Biasanya Pengantin memberikan kain kepada para Pagar Ayu, kain yang diberikan pastilah memiliki motif yang sama dan sesuai dengan tema pernikahan sehingga para Pagar Ayu seragam dengan pengantin.