Bengkulu News #KitoNian

November 2023, 30 UMKM Bengkulu Bakal Dikirim ke Malaka

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, memimpin Langsung rapat persiapan kegiatan event Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) 2023, di ruang Pola Gubernur Provinsi Bengkulu, Kamis (05/10/2023).

Rohidin menyampaikan, tujuan diadakan rapat ini membahas megenai Kegiatan UMKM Export yang akan di gelar pada tanggal 9-13 November 2023 di Malaka, yang bekerjasama dengan PT Cyber Global Indonesia.

Kegiatan tersebut akan diikuti oleh para pelaku UMKM se Provinsi Bengkulu, setiap pelaku UMKM tersebut akan diminta membawa masing-masing contoh produknya.

Dari 350 pelaku UMKM yang telah diakurasi, hanya akan dipilih 30 UMKM untuk mengikuti expo di Malaka Malaysia. Namun jika ternyata ada lebih dari 30 UMKM maka pihaknya akan membiayai dengan program CSR Bank Indonesia.

“Jadi kita mencoba untuk memperluas pemasaran UMKM di Bengkulu, tahun ini akan kita kirimkan 30 UMKM yang akan dipromosikan di Malaka,” kata Rohidin.

Dilanjutkannya, Salah satu UMKM yang sudah mendunia yaitu kopi, hingga saat ini sudah ada tujuh outlet kopi yang sudah dipromosikan di berbagai negara.

Bencoolen Coffee akan menjadi produk standarisasi dari Bengkulu yang diakui internasional karena Bencoolen Coffee merupakan kopi yang paling diminati di Putera Jaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

“Sudah 7 outlet bencoolen coffe yang buka di Malaysia dan dalam waktu dekat ini Singapura serta beberapa negara tetangga termasuk Taiwan,” Jelasnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat dapat menikmati dan bisa terlibat langsung dari semua aktivitas yang disiapkan, serta UMKM akan lebih termotivasi dan meningkatkan produktivitasnya, mandiri, serta berdaya saing internasional. Pemberdayaan UMKM ini nantinya bisa memberikan dampak bagus untuk perekonomian Indonesia.

Baca Juga
Tinggalkan komen