Logo
Dempo Xler

Nofrijal: Remaja Bengkulu Harus Berani Berkualitas

Foto bersama usai kuliah umum

Foto bersama usai kuliah umum

Foto bersama seluruh Kabid BKKBN dengan Sekretaris Utama BKKBN (baju putih), Kepala KPw BKKBN Bengkulu (slayer merah) dan Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu (batik), usai kuliah umum

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dalam pemaparannya, pada kuliah umum yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu di Aula Poltekkes Kemenkes Bengkulu, tadi pagi (19/12/2017), Sekretaris Utama BKKBN, H. Nofrijal, SP, MA, menginginkan, remaja di Bengkulu harus menjadi remaja yang berkualitas. Hal ini karena, remaja ini nantinya akan merasakan bonus demografi.

Ia juga mengungkapkan, remaja harus bisa meningkatkan skill mulai dari sekarang. Agar, kualitas diri membuat remaja menjadi penduduk yang produktif.

“Jika ingin menjadi remaja yang berkualitas, jauhi narkoba, pernikahan dini dan jauhi seks yang menyimpang,” ujarnya kepada seluruh peserta kuliah umum, yakni mahasiswa/i Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

Tidak hanya itu, pada kesempatan ini beberapa program BKKBN juga dipaparkannya. Salah satunya, “Kampung KB”, ia menjelaskan, kampung ini untuk mengembalikan KB itu sendiri kepada masyarakat, dalam hal ini pemuka agama, pemuka adat dan yang lainnya.

“Di dalam Kampung KB ini, terdapat kurang lebih 17 program KKBPK. Baik itu teknis maupun infrastruktur. Mulai dari melayani KB, pelatihan bahkan melayani lansia,” ungkapnya.

Menurut mantan Kepala Perwakilan BKKBN Sumatra Barat ini, semua pengetahuan ini sangat penting bagi remaja apalagi mahasiswa, dalam menyongsong bonus demografi dan Indonesia emas 2045. Sejak saat ini remaja bisa merencanakan diri untuk bisa menjadi keluarga yang sejahtera.

“Mahasiswa yang lulus inilah, yang nantinya juga akan bergulir ke desa-desa dan merekalah yang akan mensosialisasikan itu,” terangnya.

Direktur Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Darwis, S.Kp, M.Kes, mengatakan, dirinya merasa sangat senang kuliah umum ini digelar untuk mahasiswanya. Baginya, ini sebuah jalan bagi remaja menuju penduduk yang produktif, maka itu, program KB akan selalu ia dukung.

“Kami terus melakukan sosialisasi tentang program KB. Tidak hanya lisan tapi juga tertulis, bahkan juga lewat media sosial. Sosialisasi, kami lakukan bukan kepada mahasiswa/i saja, melainkan, juga pada seluruh karyawan dan dosen Poltekkes Kemenkes Bengkulu,” pungkas Darwis.

Acara ini juga dihadiri Kepala Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Busmar Edisyaf. Hadir pula seluruh Kepala Bidang BKKBN Provinsi Bengkulu serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini semakin meriah, diisi dengan penampilan seni dari PIK-R Bengkulu Tengah dan GenRe.