Mulai 1 Februari Youtube Shorts Bisa Jadi Sumber Penghasilan

Youtube melakukan pembaharuan dalam sistem Program Partner Youtube (YPP), dengan memperluas jaringan mereka, dimana hal ini akan memeberikan akses kemitraan lebih banyak kreator dan memberikan banyak cara untuk mendapatkan penghasilkan melalui Youtube salah satunya menggunakan fitur short.

Youtube menjelaskan dalam laman resmi Google Support bahwa pendapatan melalui Youtube Shorts ini akan berlaku mulai tanggal 1 Februari 2023.

“Pembagian keuntungan untuk iklan Shorts akan dimulai pada 1 Februari 2023 bagi partner yang telah menandatangani perjanjian yang sesuai,” pernyataan Youtube yang dikutip dari laman Google Support.

Sebelum itu Youtube juga mengimbau bahwa beberapa fitur akan diluncurkan di beberapa negara sebelum negara yang lain dan juga ada beberapa hal yang menjadi persyaratan untuk mendapatkan penghasilan melalui Youtube Shorts ini.

Lebih banyak peluang untuk lebih banyak kreator

Saat ini, YouTube menawarkan 10 cara bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan di YouTube. Mulai pertengahan Januari 2023, kreator baru yang memenuhi syarat dapat bergabung ke YPP dengan cara:

  • Mendapatkan 1.000 subscriber dengan 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir, atau
  • Mendapatkan 1.000 subscriber dengan 10 juta penayangan Shorts publik yang valid dalam 90 hari terakhir.

Selain itu, Youtube juga akan memperkenalkan batas kelayakan yang lebih rendah bagi kreator YPP agar dapat mengakses Fan Funding lebih awal (seperti Super Thanks, Super Chat, Super Stickers, dan langganan channel). Batas kelayakan baru untuk Fan Funding ini akan mulai diterapkan pada tahun 2023 dan berlaku untuk video berdurasi panjang, live stream, dan konten Shorts. Info selengkapnya akan segera dirilis.

Youtube juga memberi peringatan yaitu setiap jam waktu tonton publik dari penayangan Shorts di Feed Shorts tidak akan diperhitungkan dalam batas 4.000 jam waktu tonton publik.

Lalu bagaimana tepatnya untuk mendapatkan penghasilan melalui Youtube Shorts ?

Memenuhi syarat untuk YPP dengan Shorts

Kreator tetap memiliki opsi agar memenuhi syarat untuk bergabung ke YPP, yaitu memiliki 1.000 subscriber dan 4.000 jam waktu tonton publik dalam 12 bulan terakhir. Namun, jam waktu tonton dari penayangan Shorts tidak diperhitungkan dalam batas ini.

Setelah mengajukan permohonan untuk bergabung ke YPP, channel akan ditinjau untuk diperiksa kepatuhannya terhadap kebijakan monetisasi channel YouTube. Kebijakan tersebut berlaku bagi siapa saja yang tergabung dalam atau ingin mendaftar ke YPP. Agar memenuhi syarat untuk monetisasi, channel harus mengupload konten orisinal, baik yang dibuat di dalam maupun di luar YouTube.

Contoh video yang tidak memenuhi syarat meliputi:

  • Video yang tidak orisinal, seperti klip dari film atau acara TV tanpa diedit.
  • Mengupload ulang konten kreator lain dari YouTube atau platform lain, tanpa menambahkan konten orisinal
  • Untuk memonetisasi dengan iklan, konten juga harus memenuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan.

Pendapatan iklan dengan Shorts

Pembagian keuntungan iklan untuk Shorts dimulai pada 1 Februari 2023. Model pembagian keuntungan yang sudah ada untuk video berdurasi panjang atau produk Fan Funding tidak mengalami perubahan.

Mulai 1 Februari 2023, semua kreator baru dan lama yang tergabung dalam YPP akan memenuhi syarat untuk menerima pembagian keuntungan pada iklan yang ditayangkan di antara pemutaran video Shorts di Feed Shorts.

Sebagai partner YPP, Anda harus meninjau dan menyetujui perjanjian yang relevan untuk berbagi pendapatan iklan di Shorts. Pembagian keuntungan iklan di Shorts adalah cara lain bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan di YouTube, selain sumber pendapatan lainnya seperti iklan pada video berdurasi panjang, Fan Funding, merchandise, dan lainnya.

Setiap bulan, pendapatan dari iklan tersebut akan dijumlahkan dan digunakan untuk memberikan reward kepada kreator Shorts serta membantu menutupi biaya lisensi musik. Dari seluruh jumlah yang dialokasikan kepada kreator, mereka akan memperoleh 45% dari pendapatan tersebut, meskipun mereka menggunakan musik dalam video Shorts mereka. Pendapatan ini akan dibagikan kepada kreator berdasarkan jumlah penayangan Shorts yang mereka peroleh di setiap negara.

Mengganti Pendanaan YouTube Shorts

Mulai 1 Februari 2023, pembagian keuntungan iklan Shorts akan menggantikan Pendanaan YouTube Shorts. Sebagian besar penerima Pendanaan YouTube Shorts akan memperoleh pendapatan lebih besar dengan model baru ini. Peralihan dari pemberian dana tetap ke pembagian keuntungan iklan memastikan kreator berbagi kesuksesan di platform ini. Seiring dengan berkembangnya YouTube Shorts dan komunitas, begitu juga penghasilan kreator. Undangan Pendanaan YouTube Shorts terakhir untuk aktivitas bulan Januari akan tersedia pada pertengahan Februari 2023, dengan pembayaran pada bulan Maret (tunduk pada nilai minimum pembayaran dan persyaratan AdSense).

Cara lain untuk memperoleh penghasilan di Shorts

Kami akan menyediakan Super Thanks di Shorts secara global pada awal tahun 2023. Pada saat yang sama, kami akan mulai menyatukan brand dan kreator Shorts sebagai bagian dari YouTube BrandConnect.

Baca Juga
Tinggalkan komen