Logo

Minyak Makan Merah Pengganti Mintak Goreng Akan Dijual Pemerintah Januari 2023

BENGKULU – Pemerintah kali ini memiliki alternatif dalam menghadapi melonjaknya harga Minyak Goreng yakni menggunakan Minyak Makan Merah (M3). M3 ini disebut lebih banyak mengandung vitamin A dan Protein tinggi yang bagus bagi kesehatan.

Minyak makan merah atau sering juga disebut sebagai Refined Palm Oil berasal dari minyak sawit mentah (Crude Palm Oil atau CPO) yang telah melalui proses khusus.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, sudah ada 12 koperasi yang bersedia untuk membangun pabrik minyak makan merah dan akan diagendakan pembangunan mulai pada Oktober 2022.

“Ada 12 koperasi yang sudah siap untuk bangun pabrik minyak makan merah. Pabriknya baru karena teknologinya juga baru. Nanti ada BPOM yang akan membantu izin edarnya. Kita sama-sama dilibatkan dari awal supaya Januari sesuai rencana minyak makan merah bisa keluar untuk publik,” ujar Teten dikutip dari Kompas.com.

Teten juga menegaskan proses piloting pembangnan pabrik akan dimulai di Sumatera, untuk produksi mesin akan dilakukan pada akhir bulan agustus ini.

Kabarnya M3 ini lebih murah dibandingkan minyak goreng lain dan akan mulai dipasarkan dengan harga Rp9 ribu per liternya, pada Januari tahun 2023.

“Murahlah, ini solusi bagi masyarakat, petani dan konsumen. Murah dan sehat bagi konsumen, karena di jaga BPOM untuk jaga keamanan pangan,” demikian Teten.