Mengintip Peluang Usaha Laundry Sepatu di Bengkulu

Penulis : Cindy

Laundry Sepatu, Shoes And Care. Foto, Cindy/BN

BENGKULU – Laundry baju mungkin sudah menjadi hal biasa dalam membangun usaha, namun apakah pernah terpikir untuk membuka laundry sepatu?

Di Bengkulu usaha tersebut masih bisa dihitung jari, lalu apakah usaha tersebut dapat berjalan ya? Jika dipikir kembali, saat ini mencuci sepatu adalah hal yang biasa dilakukan masyarakat secara mandiri.

Kali ini Bengkulunews.co.id berkesempatan untuk mengintip salah satu usaha laundry sepatu yang ada di Bengkulu.

Staff dari Shoes And Care, Fitra mengatakan usaha ini sudah cukup lama dibangun. Usaha ini menghadirkan jasa untuk membersihkan sepatu, dengan berbagai treatment yang tersedia.

“Kalau untuk laundry sepatu itu ada treatment yang pertama fast cleaning, membersihkan dibagian luar saja. Kedua ada deep cleaning, itu membersihkan bagian luar dan dalam sepatu,” kata Fitra pada Benkulunews.co.id Selasa (01/11/22) siang.

Selain kedua treatment tersebut masih banyak lagi pelayanan yang tersedia, seperti Unyellowing and whitening yakni mengembalikan warna sepatu kotor menjadi putih seperti semula.

Treatment Repair yang bisa membantu customer dalam memperbaiki sepatu rusak dan berbagai treatment lainnya.

Tentunya dalam usaha ini banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya saat melayani konsumen, Fitra mau tak mau harus sabar menghadapi berbagai sifat mereka.

“Kalau dari customer sepatu itukan kadang yang antar ibu-ibu, nah sepatunya sudah lama dan tidak bisa dibersihkan lagi. Tapi maksa, terus nanya kenapa tidak bisa dibersihkan,” tambahnya.

Namun hal tersebut tidak membuat dirinya patah semangat dalam bekerja, sehari Fitra dapat mengerjakan lima hingga enam sepatu. Pengerjaannya terbilang cepat, sekitar dua hingga tiga hari konsumen sudah bisa mengambil sepatunya kembali.

Untuk harga treatment di Shoes and Care berkisar Rp40 ribu rupiah hingga Rp200 ribu rupiah. Treatment tersebut masih dilakukan secara manual tanpa menggunakan mesin, tentunya dengan berbagai sabun khusus yang tidak ditemukan di Bengkulu.

“Kalau untuk cuci dan keringin sepatu, semua masih manual. Kita juga pakai empat sabun khusus,” jelas Fitra.

Sepatu yang dicucipun banyak jenisnya dari sepatu merk vans, allstar, juga sepatu platshoes yang sering digunakan kaum Wanita. Nah bagi kamu mahasiswa ataupun mahasiswi yang malas untuk mencuci sepatu, bisa membawanya ke Shoes and Care.

Para Mahasiswa dapat menikmati promo sebesar 10 hingga 20 persen, dengan menunjukkan Kartu Tanda mahasiswa (KTM) setiap hari Senin.

Selain itu jika konsumen malas keluar untuk mengantar sepatu dapat memilih layanan Pickup Delivery dengan menambahkan biaya sebesar Rp10 hingga Rp20 ribu disekitaran kota Bengkulu.

Laundry ini buka setiap hari dari pukul 10.00 wib hingga 20.00 wib, pada hari Jum’at laundry tutup. Selain sepatu disini konsumen juga dapat membersihkan tas, topi ataupun dompetnya.

Fitra berharap kedepannya usaha ini akan terus maju dan dapat menjadi insiprasi bagi masyrakat lain yang ingin membuka usaha.

“Semoga usaha ini bisa menjadi bayanganlah untuk temen-temen yang mau buka usaha,” demikian Fitra.

Baca Juga
Tinggalkan komen