Mengenal Apa Itu Natto, Makanan Berlendir yang Viral di Tik Tok

Mengenal Apa Itu Natto, Makanan Berlendir yang Viral di Tik Tok

Penulis : Cindy

Pinterest

Natto merupakan makanan yang saat ini sedang booming, dikalangan influencer Tiktok. Kok bisa ya? emangnya Natto itu apa sih?

Natto merupakan makanan fermentasi dari kedelai rebus dan merupakan makanan khas Jepang yang biasanya dinukmati dengan tambahan kecap, mustard, daun bawang atau bumbu lainnya dan disajikan dengan nasi hangat.

Tekstur Natto yang berlendir serta memiliki aroma tidak sedap ternyata mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh, bagaimana tidak makanan ini menjalani proses fermentasi dan mengandung probiotik.

Pribiotik merupakan bakteri baik yang memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan, salah satu manfaat tersebut membuat makanan lebih mudah dicerna dan membantu usus menyerap nutrisinya lebih cepat.

Tidak cukup sampai disana, Natto juga baik bagi kesehatan tulang agar lebih kuat. serta menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Natto dapat Anda temukan di online shop, namun bagi Anda yang penasaran bagaimana proses pembuatan Natto dapat simak langkah-langkah dibawah ini :

1. Siapkan kacang kedelai secukupnya sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu redam kacang kedelai selama 6 sampai 24 jam.

2. Setelah direndam, rebus kacang kedelai hingga lembut.

3. Tiriskan kacang kedelai yang sudah direbus, kemudian saat suhu masih hangat kuku taburi bakteri basillus subtilis.

4. Fermentasi ini memakan waktu selama 24 jam sampai 48 jam. Dalam proses fermentasi inilah yang membuat adanya serabut halus dan lendir lengket, bakteri yang bekerja aktif pada kandungan kedelai membuat aroma Natto menjadi tidak enak.

5. Kacang Kedelai yang difermentasi, harus disimpan dalam wadah berongga.
6. Lalu letakan pada tempat yang lembap, setelah jadi Natto dapat langsung disantap atau disimpan sebagai stok makanan.

Bagaiamana Anda tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah?

Baca Juga
Tinggalkan komen