Bengkulu News #KitoNian

Masyarakat Enggano Kini Bisa Nikmati Internet 4G

Peresmian BTS 4G di Pulau Enggano. MC

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama unsur Forkopimda launching BTS 4G milik Telkomsel di Pulau Enggano. Peluncuran BTS 4G ini melengkapi pembangunan Enggano setelah sebelumnya pemerintah memastikan pembangunan jalan dan pelabuhan.

Gubernur Rohidin mengatakan dengan adanya internet 4G di Pulau Enggano pelayanan dari sisi komunikasi akan semakin lancar dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam promosi pariwisata dan pengembangan usaha UMKM yang ada di Enggano.

“Pelabuhan laut kita bangun, jalan trans engganonya kita bangun, kemudian 4G juga dibangun melalui teman-teman telkomsel. Artinya kita memang bertarget lancar di laut, lancar di darat dan lancar di udara,” katanya.

Manager Network Service Telkomsel Bengkulu Surya Hamdani menyampaikan menjelaskan sebelumnya di Enggano hanya ada 1 tower BTS yang telah berdiri dari tahun 2004 di desa Malakoni. Tower ini hanya melayani koneksi service voice dan SMS.

“Atas dasar surat pak gubernur yang kami terima di tahun 2019, Telkomsel terus berupaya dan berinovasi untuk pulau Enggano agar bisa memberikan layanan internet,” tuturnya.

Untuk bisa melayani internet di pulau Enggano dengan Teknologi 4G, pihaknya harus membangun tower di bawah kaki gunung Dempo menggunakan transmisi terestrial dipancarkan ke pulau Enggano dengan jarak mencapai 173 km.

“Alhamdulillah tanggal 4 Agustus 2022 sinyal BTS 4G Enggano sudah bisa dinikmati masyarakat khususnya di desa Malakoni, Apoho Desa Meok, Kahyapu dan Kaana”, terang Surya.

Telkomsel merupakan satu satunya operator seluler yang berada di pulau Enggano untuk memerdekakan sinyal internet bagi masyarakat Enggano dan juga mendukung program pemerintah untuk desa digital.

Kepala Desa Apoho Reddy Heloman mengapresiasi apa yang telah dilakukan Gubernur Rohidin dalam memajukan pulau Enggano. Dirinya berharap perhatian pemerintah provinsi Bengkulu ini terus berkelanjutan agar Enggano lebih maju lagi.

“Dengan upaya beliau, alhamdulillah sekarang kami sudah bisa menikmati layanan internet 4G di pulau Enggano,” pungkas Reddy.

Baca Juga
Tinggalkan komen