Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan, Bisa Membantu Menghambat Penuaan

Cokelat merupakan olahan dari biji kakao yang dipanggang, digiling, lalu dibentuk menjadi cairan, pasta atau berbagai bentuk. Dark Choholate atau cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan, vitamin, serta mineral yang baik bagi Kesehatan tubuh.

Selain Dark Choholate banyak cokelat yang diproduksi dengan tambahan gula, susu hingga bahan lain seperti kacang almond dan lainnya.

Tentunya cokelat jenis tersebut malah berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan, oleh karena itu baiknya menikmati jenis cokelat hitam untuk merasakan manfaatnya tanpa tambahan bahan.

Berikut beberapa manfaat cokelat bagi Kesehatan :

Meningkatkan Mood

Cokelat dikenal mampu memperbaiki suasana hati atau mood, karena beberapa kandungannya memiliki efek antidepresan. Seperti komponen feniletilamin dan magnesium pada cokelat memiliki peranan untuk meningkatkan serta menjaga keseimbangan mood agar tetap stabil.

Mengontrol Tekanan Darah

Cokelat memiliki kandungan flavonoid yang dapat menstimulasi endothelium, yaitu dinding arteri untuk memproduksi Nitric Oxide (NO). NO sendiri berperan sebagai pengirim sinyal agar terjadi relaksasi arteri sehingga menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu cokelat bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah.

Meningkatkan Memori Otak

Beberapa studi menunjukkan bahwa lansia yang diberikan ekstrak kakao dengan kandungan flavonoid tinggi, dapat mengalami peningatan fungsi kognitif yang signifikan. Flavonoid sendiri bekerja dengan meningkatkan peredaran darah ke otak. Selain itu kandungan kafein dan teobromin didalam cokelat dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

Memiliki Efek Stimulan Bagi Tubuh

Cokelat yang terbentuk dari kakao ini memiliki komponen baik untuk efek stimulasi tubuh. Efek tersebut termasuk kafein yang merupakan stimulant fisik, pencernaan dan otak. Cokelat yang mengandung teobromin atau senyawa mirip dengan kafein naun efeknya lebih lemah ini, bersifat stimulant terhadap sistem saraf pusat sehingga mampu membuat penikmat cokelat lebih waspada dan terjaga.

Menghambat Penuaan

Kadar antioksidan yang tinggi dalam cokelat dapat membantu menghambat penuaan. Selain itu kandungan zat mangan yang tinggi pada kakao juga berperan dalam produksi kolagen, yakni protein dihasilkan untuk menjaga kulit jadi lebih muda dan sehat.

Baca Juga
Tinggalkan komen