Logo
Dempo Xler

Makanan Khas Korea ‘Bungeoppang’ Ikan Isi yang Enak

Makanan Khas Korea ‘Bungeoppang’ Ikan Isi yang Enak

BENGKULUBungeoppang merupakan kue tradisional khas negara Korea yang berbentuk ikan dengan varian isi. Dengan adonan yang sama dengan waffle namun diisi dengan pasta kacang merah.

Makanan ini sendiri sangat banyak dicari masyarakat korea saat musim musim dingin, karena ketika memakannya dengan kondisi fresh from the oven. Sehingga ketika mengkonsumsi dimusim dingin maka suhu tubuh akan terasa lebih hangat.

Sebenarnya Bungeoppang sendiri diadopsi dari kue ikan taiyaki di Jepang. Namun korea menamakanny Bungeoppang yang diambil dari dua kata yakni “bungeo” dan “ppang” dan memiliki arti “ikan mas” dan “roti”. Walaupun sebenarnya Bungeoppang  tersebut tidak mengandung ikan.

Bungeoppang yang diadaptasi dari taiyaki di Jepang, mulai dikembangkan pada akhir abad ke-19. Yakni perpaduan waffel dari negara barat dan pangsit negara timur. Berbeda dengan taiyaki, Bungeoppang memiliki ukuran yang lebih kecil serta murah.

Bungeoppang sendiri sudah tersebar luas dibeberapa negara hingga pelosok, termasuk Bengkulu. Anda bisa menemukannya ketika berkunjung ke Bencoolen Indah Mall, dengan nama Chaouppang.

Rasa yang disuguhkanpun beranekaragam tidak hanya kacang merah tetapi juga cokelat, matcha, blueberry, choco caramel, choco oreo dan lainnya. Anda hanya perlu mengocek uang sebesar Rp10 ribu persatuannya.

Proses pembuatannyapun cukup mudah, anda bisa membuat dengan cara berikut :

  1. Buatlah adonannya dengan menggunakan bahan antara lain telur, tepung, pengembang, gula, dan air.
  2. Kemudian adonan dituangkan ke cetakan berbentuk ikan, sembari memasukkan isian yang diinginkan.
  3. Sembari adonan di panggang, menggunakan cetakan.
  4. Setelah itu lapiskan kembali isian menggunakan adonan.
  5. Balik adonan kemudian tunggu selama lima menit, hingga warna ke cokelatan.
  6. Jika sudah angkat dam hidangkan kue.

Bagaimana apakah anda ingin mencoba?