Logo

Lima Penyebab Kamu Mudah Lupa, Stres Juga Berpengaruh Loh

Ilustrasi. BN

Ilustrasi. BN

Lupa merupakan hilangnya kemampuan untuk mengungkapkan kembali informasi yang telah kita terima atau sudah di pelajari ataupun ketidak mampuan mengenal bahkan mengingat sesuatu kejadian.

Ada banyak penyebab mudah lupanya seseorang, bahkan bisa juga karena masalah kesehatan yang sedang dialami.  Biasanya mudah lupa sering disangkutkan oleh rentan usia seseorang, namun hal tersebut bukan satu-satunya kondisi Kesehatan seseorang lupa.

Berikut penyebab masalah mudah lupa :

  1. Stres yang meningkat

Salah satu penyebab seseorang mudah lupa adalah faktor stress maupun rasa cemas yang berlebih. Stres tahu kecemasan yang berlebihan bisa menyebabkan perhatian dan ingatan berkurang. Terlebih jika stres atau kecemasan tidak segera diobati akan dapat menyebabkan hal lain yakni depresi serta mempengaruhi otak dan kapasitas mengingat menjadi menurun.

  1. Masalah tidur

Mereka yang mengalami gangguan tidur atau insomnia bisa menyebabkan daya ingat berkurang hingga demensia. Hal tersebut dikarenakan saat kita tidak tidur dengan cukup, maka tubuh mengalami kelelahan, sehingga menimbulkan kabut otak dan masalah ingatan, serta mempengaruhi memori navigasi spasial.

  1. Cedera Kepala

Selain kedua penyebab di atas, ada hal lain yang dapat menyebabkan seseorang mudah lupa. Salah satunya adalah benturan keras yang menyebabkan kepala menjadi cedera. Semakin keras benturan yang dialami, maka besar kemungkinan mempengaruhi ingatan hilang secara sementara maupun permanen.

  1. Stroke

Stroke merupakan penyakit yang menyumbat pembuluh darah dan menghalangi aliran darah ke otak. Tanpa aliran darah baik tersebut, otak akan kekurangan oksigen yang menyebabkan sel-sel otak mulai mati. Mereka yang mengidap penyakit ini biasanya lebih cepat lupa, bingung dengan jangka waktu pendek maupun panjang.

  1. Penyakit tiroid

Hal lain yang menyebabkan seseorang mudah lupa adalah penyakit tiroid. Kelenjar tiroid di leher bisa menghasilkan hormon yang mengontrol kecepatan tubuh dalam membakar makanan untuk sumber energi.

Ketika kelenjar tiroid menghasilan terlalu sedikit hormon atau hipotiroidisme, maka seluruh tubuh akan melambat. Tubuh akan merasa kelelahan, depresi hingga menjadi pelupa.

Tindakan terbaik dari penyakit lupa adalah memberanikan diri untuk konsultasi ke dokter, sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat dan benar. Jangan biarkan diri terlalu lama menjadi pelupa.