Logo

Lily Ridwan Mukti Gagas Modernisasi Perantara Ajar PAUD

Lily Ridwan Mukti Gagas Modernisasi Perantara Ajar PAUD

 

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id –  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dinilai memiliki peranan penting bagi tumbuh kembang dan pendidikan anak. Bukan hanya mendorong kualitas sarana dan prasarana serta peningkatan kapasitas guru, Bunda Paud Provinsi Bengkulu harapkan ada modernisasi prasarana ajar.

“Kita akan coba rumuskan materi-materinya dari yang kompeten, kemudian penyajian multimedia barang kali bentuk video,” tutur istri Gubernur Bengkulu, Lily Ridwan Mukti di Bengkulu Selatan pada Rabu (29/3/2017).

Materinya, sambung Bunda Paud Provinsi, termasuk pencegahan kekerasan serta pelecehan pada anak. Menurutnya, materi tersebut sangat penting, supaya anak bisa mengenali kemungkinan bahaya yang bisa terjadi dan memahami apa yang harus dilakukan. Hal itu sebagai tindakan preventif, mengingat kejahatan pada anak masih saja terjadi.

Lily Ridwan Mukti juga mengapresiasi Pemkab Bengkulu Selatan atas rencana dan upayanya meningkatkan kesejahteraan Guru Paud. Dalam sambutan Gebyar Paud dan Pelantikan Isnaeni Dirwan sebagai Bunda Paud Bengkulu Selatan, Lily menegaskan, Paud tak hanya berperan dalam aspek pendidikan usia dini saja. Lebih dari itu, Paud berperan dalam aspek pelayanan gizi, pengasuhan, kesehatan dan perlindungan anak.

Sebelumnya, Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud berjanji bakal upayakan peningkatan upah guru Paud yang saat ini hanya menerima Rp150 ribu per bulan.

“Kita upayakan, naik setidaknya menjadi Rp500 ribu. Pada 2018 atau di perubahan tahun ini,” tegas Bupati Dirwan di hadapan ratusan guru dan anak Paud yang hadir.

Di Bengkulu Selatan, telah berdiri 235 Paud formal dan nonformal dengan 827 guru Paud tersebar hampir di seluruh desa. Tercatat, anak didiknya mencapai 6131.