Logo

Lebaran, Ratusan Ekor Sapi Siap Dipotong

SELUMA, bengkulunews.co.id – Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, mendata dan menyiapkan 577 ekor sapi yang akan dipotong menjelang lebaran.

”Sapi milik peternak itu tersebar di sentra-sentra sapi di wilayah Kecamatan Sukaraja, Seluma Selatan dan Semidang Alas,” kata Kepala Dispertan Kabupaten Seluma, Marahalim, Selasa, (13/6/2017).

Keberadaan sapi itu, sampai dia, untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan masyarakat, akan konsumsi daging sapi pada saat lebaran.

”Kondisi hewan itu sehat atau tidak berpenyakit, seperti didaerah lain yang sudah menyebar wabah penyakit jembrana. Pihak Dispertan selalu rutin mengontrol sapi-sapi tersebut,” jelas Marahalim.

Persiapan 577 ekor sapi itu, lanjut Marahalim, dimaksudkan untuk menekan harga daging sapi, yang biasanya mengalami lonjakan saat lebaran. Apalagi di Seluma tidak dijual daging sapi beku dari Bulog.

”Saat ini harga daging masih tinggi Rp.125 ribu sampai Rp130 ribu per kilo,” jelas Marahalim.

Marahalim menyampaikan, pemotongan hewan dilakukan oleh masing-masing peternak, karena pemerintah daerah belum memiliki rumah potong hewan.

”Untuk pemotongan wilayah Sukaraja banyak peternak memotong sapi di RPH Kota Bengkulu, sedangkan di wilayah Tais dilakukan di daerah Rimbo Kedui,” pungkas Marahalim.