Logo

Kumpulkan Seluruh Kepsek se Kota Bengkulu, Tim Saber Pungli Beri Peringatan Keras

Kumpulkan Seluruh Kepsek se Kota Bengkulu, Tim Saber Pungli Beri Peringatan Keras

BENGKULU – Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Bengkulu mengumpulkan seluruh kepala sekolah SD dan SMP se Kota Bengkulu, Kamis (20/06/2024) pagi.

Para kepala sekolah itu diundang untuk melakukan penandatanganan Fakta Integritas. Selain itu, mereka juga diberikan peringatan keras untuk tidak semena-mena memungut biaya dari murid yang bisa memberatkan masyarakat dalam pelaksanaan program pendidikan atau pungli.

“Kita melakukan imbauan ya, pencegahan. Sekarangkan sudah menjadi kewenangan kepala sekolah. Nah itu sudah pasti ada godaan. Nah kita menyelenggarakan ini salah satu upaya memberikan imbauan dan mengingatkan,” kata Ketua Saber Pungli, AKBP Max Mariners.

Wakapolresta Bengkulu itu menyebut dalam waktu dekat, pihaknya akan turun langsung ke sekolah-sekolah di Kota Bengkulu memantau pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Namun, kata AKPB Max Mariners, sebelum turun langsung, nantinya tim Saber Pungli akan memantau dahulu proses sebelum kegiatan itu dimulai.

“Untuk saat ini memang tim kami akan terjun ya dalam pelaksanaan nanti kami akan ke sekolah dengan bertahap. Namun dalam proses sebelum pelaksanaan itu kita akan memantau terlebih dahulu,” ujarnya.

Jika nantinya terbukti adanya pungli di salah satu sekolah tersebut, akan ada ancaman pidana sesuai aturan yang berlaku.

“Ada ancaman pidananya. Kalau memang terbukti menerima dia itu PNS ada pidananya,” demikian AKBP Max Mariners.