Logo

Kota Tuo Bengkulu, Destinasi Wisata Baru untuk Bersantai

BENGKULU – Tempat ini dulunya hanyalah bantaran sungai Bengkulu yang biasa. Air yang berwarna coklat dan kerap banjir menjadikan tempat ini tidak diminati untuk para wisatawan. Tidak ada hal menarik yang bisa ditemui kecuali hamparan sawah yang terbentang di seberangnya.

Waktu berjalan, tempat yang berada di kawasan Pasar Bengkulu, Kecamatan Sungai Serut ini berdandan. Kolaborasi Pemerintah Pusat dan Kota Bengkulu berhasil mengubah tempat yang dikenal dengan wilayah kumuh ini menjadi salah satu objek wisata yang kini diminati masyarkat. Namanya “Kota Tuo”.

Kawasan Kota Tuo. Foto, BN

Kota Tuo diresmikan oleh Walikota Bengkulu, Helmi Hasan pada Rabu (3/11/21). Peresmian dengan iringan dol dan tarian khas Bengkulu menandai lokasi ini dibuka untuk masyarakat umum.

Konsepnya sederhana, melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Pemerintah Kota Bengkulu berencana membangun ruang terbuka hijau berupa taman yang berfungsi sekaligus sebagai penahan banjir.

Kawasan Kota Tuo. Foto, BN

Soal pemandangan jangan ditanya. Sambil berjalan di atas beton yang kokoh, wisatawan akan dihibur dengan pemandangan persawahan dan muara sungai yang menganga menuju ke laut.

Beton yang dibangun tepat di tepi sungai ini membuat pengujung seolah berdiri di atas air. Bangunan dengan panjang kurang lebih 100 meter itu juga dilengkapi pengaman yang bisa digunakan untuk bersandar. Jadi pengunjung tidak perlu takut terjatuh ke dalam sungai.

Kawasan Kota Tuo. Foto, BN

Jika lelah, tempat ini juga menyediakan sejumlah bangku yang berbaris rapi di bawah atap berbentuk segitiga. Pengunjung bisa beristirahat sambil sesekali menikmati alunan musik dari musisi jalanan. Atau bagi yang menyukai sejarah, dapat melirik sebuah monumen yang berdiri tepat di belakang tempat itu.

Jika berniat ke sini, pengunjung dapat menempuh jalur darat dari arah terminal Sungai Hitam sekira 8 km atau bisa memotong melalui jalan di kelurahan Rawa Makmur menuju ke jembatan Kualo.

Kawasan Kota Tuo. Foto, BN

Tiba di jembatan, artinya pengunjung telah sampai di lokasi. Dari atas jembatan, pengunjung sudah dapat melihat tulisan besar “Kota Tuo” berwarna putih yang terpampang menyambut kedatangan wisatawan.

Tapi itu bukan jalan satu-satunya. Jika punya banyak waktu, pengunjung juga bisa menuju ke sini dengan menikmati garis pantai Bengkulu sejauh 5 km. Caranya dengan masuk melalui pintu pasir putih atau gerbang pantai tidak jauh dari Bencoolen Indah Mall. (red/adv)