Logo

Koneksi antara Platform Tiktok dan Remaja Berjuang dengan Kesehatan Mental

Tiktok adalah salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia saat ini. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan membagikan video pendek dengan berbagai konten, termasuk tarian, lip-syncing, dan kreativitas lainnya. Namun, ada juga koneksi yang kuat antara platform Tiktok dan remaja yang berjuang dengan kesehatan mental.

Sebagai platform media sosial yang sangat populer di kalangan remaja, Tiktok dapat memiliki pengaruh yang signifikan pada kesehatan mental mereka. Ada berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, termasuk tekanan akademik, pergaulan yang sulit, dan masalah keluarga. Tiktok dapat menjadi tempat di mana remaja mencari dukungan dan merasa diakui.

Tiktok memiliki berbagai konten yang berfokus pada topik-topik seperti kesehatan mental dan kesejahteraan. Ada video-video tentang meditasi, yoga, dan olahraga yang dapat membantu remaja mengatasi stres dan kecemasan. Ada juga pengguna Tiktok yang berbagi kisah-kisah mereka tentang pengalaman dengan kesehatan mental dan bagaimana mereka mengatasinya. Ini dapat memberikan dukungan dan inspirasi kepada remaja yang berjuang dengan masalah serupa.

Penulis: Siti Munawaroh (D1C021001) Universitas Bengkulu.

Namun, ada juga risiko kesehatan mental yang terkait dengan penggunaan Tiktok. Misalnya, terlalu banyak menghabiskan waktu di platform ini dapat menyebabkan remaja merasa terisolasi dan merugikan kesehatan mental mereka. Terlalu banyak melihat konten yang tidak sehat atau tidak seimbang juga dapat mempengaruhi kesehatan mental mereka.

Ada juga risiko kesehatan mental yang terkait dengan tekanan sosial di Tiktok. Misalnya, remaja dapat merasa tertekan untuk tampil sempurna atau memiliki tampilan yang ideal, yang dapat menyebabkan perasaan tidak aman dan bahkan depresi. Ada juga risiko kesehatan mental terkait dengan penggunaan filter dan efek visual di Tiktok, yang dapat mengubah penampilan seseorang dan mempengaruhi persepsi mereka tentang diri sendiri.

Meskipun ada risiko kesehatan mental yang terkait dengan penggunaan Tiktok, platform ini juga dapat menjadi sumber dukungan dan inspirasi bagi remaja yang berjuang dengan kesehatan mental. Oleh karena itu, penting bagi orangtua dan pengguna Tiktok untuk memperhatikan penggunaannya dan mengambil tindakan untuk memastikan bahwa mereka tetap sehat dan bahagia. Ini dapat mencakup mengatur batasan waktu layar, memonitor konten yang dilihat, dan mencari dukungan profesional jika diperlukan.