Logo

Kondisi Karyawan Bank Bengkulu Positif Covid-19 Membaik

Bengkulu – Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu berbicara kondisi kesehatan pasien yang dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni, menyebut, kondisi 3 orang yang terpapar virus corona saat ini semakin membaik dan stabil.

“Satu pasien positif corona HN yang dalam perawatan di RSMY Bengkulu dalam beberapa hari kedepan sudah bisa menjalankan isolasi mandiri di rumah,” kata Kadinkes, Senin (13/4/20).

Lanjutnya, untuk 2 orang lagi yaitu istri dan anak pasien HN, berdasarkan pantauan Tim Perawatan RSMY Bengkulu dan Dinkes Provinsi Bengkulu serta Dinkes Kota Bengkulu, kondisinya diketahui semakin membaik.

“Ini semua tidak lepas dari peran serta tim perawat dan tim medis yang bertugas semaksimal mungkin terhadap pasien tersebut,” ujarnya.

Kadinkes menambahkan, 2 orang menjalani isolasi mandiri di rumah terus mendapatkan support dari berbagai pihak. Terutama dari pihak keluarga dan masyarakat di sekitar kediaman mereka.

Support terus diberikan kepada pasien ketika dalam perawatan maupun isolasi mandiri baik dari orang terdekat, keluarga dan pemerintah termasuk tenaga medis.

“Disamping diberikan pengobatan, tentu dukungan untuk psikologis juga diberikan sehingga pasien cepat pulih,” pungkasnya.

Dia menjelaskan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di tengah penyebaran covid-19, dilaksanakan rapat tim terpadu penanganan covid-19 pemprov dan pemda kabupaten-kota melalui dinkes dan pihak Rumah Sakit.

Dari rapat terpadu tersebut menghasilkan 12 poin rumusan, diantaranya mendorong agar peran gugus tugas dapat maksimal sesuai dengan tugas dan fungsinya, Rumah Sakit rujukan yang ditetapkan SK Gubernur Bengkulu, untuk melayani dan menangani kasus PDP rinngan dan sedang secara sigap.

Selanjutnya mendorong peran RT/RW, lurah dan kepala desa ketika melakukan isolasi mandiri harus mendapatkan support dari semua pihak, termasuk dari gugus tugas pemprov dan kabupaten/kota.

“Dengan 12 rumusan ini persoalan terutama yang selama ini kita hadapi sudah disepakati untuk dapat diselesaikan, seperti banyaknya kasus penolakan pasien yang bermaksud meminta perawatan di RS tingkat kabupaten,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Data Dinkes Provinsi Bengkulu per 13 April 2020, ada penambahan 10 kasus baru ODP dan tidak ada penambahan kasus PDP.

Total kasus hingga hari ini sebanyak 556 orang, dengan rincian ODP sebanyak 539 orang, dan ODP dinyatakan sehat atau selesai pemantauan 366 orang. Serta masih dalam proses pemantauan 170 orang.

Sementara status PDP masih 17 orang dan 3 orang pasien diantaranya yang berasal dari Kabupaten Mukomuko saat ini telah selesai tahap perawatan.(okd)