Bengkulu News #KitoNian

Kemeriahan HUT RI di Sejumlah Tempat di Bengkulu

Penulis : Cindy

HUT RI ke 77

Semarak masyarakat dalam menyambut kemerdekaan RI, menghadirkan sejumlah perlombaan. Tak hanya dikalangan instansi, perayaan dalam memperingati HUT RI juga dirayakan oleh warga di setiap kelurahan serta di beberapa tempat ibadah.

Kemeriahan tersebut membuat HUT RI semakin hidup, berikut beberapa tempat yang ikut merayakan perlombaan :

1. Tempat Ibadah

Salah satunya perayaan ini dilakukan oleh Gereja GBI 13 Bengkulu, yang dikhususkan untuk anak-anak. Tim kreatif Solder Of God (SOG) Gereja Bethel Indonesia Rayon 13, Arce mengatakan tujuan diadakannya perayaan perlombaan selain dari pada memperingati HUT RI adalah untuk dapat mempererat pertemanan anak-anak satu sama lain.

“Sekalian mempererat pertemanan anak-anak, yang belum mengenal teman, jadi mengenal temannya,” ucap Arce pada Bengkulunews.co.id Minggu (14/08/22) siang.

Adapun lomba ini dilakukan setelah anak-anak melakukan ibadah, sehingga tidak mengganggu jalannya ibadah. Selain itu karena mengingat keterbatasan waktu, lomba hanya terbagi menjadi dua jenis. Yakni lomba makan kerupuk untuk anak umur 3 tahun sampai kelas 5 SD dan lomba mengumpulkan bola warna untuk anak umur 1 sampai 2 tahun.

Ia menambahkan anak-anak berjumlahkan 28 orang ini sangat antusias, dengan adanya lomba tersebut. Walaupun di awal ada beberapa anak yang merasa tidak bisa mengikuti lomba dengan baik, namun tidak mengurangi semangat mereka.

“Tapi karena melihat teman-temannya, anak tersebut mengikuti lomba juga,” sambungnya.

Anak-anak yang memenangkan lomba mendapatkan hadiah, berupa tempat pensil, stik makanan dan pensil wortel untuk membuat mereka semangat dalam belajar.

“Senang mlbisa melihat anak-anak, semangat dalam memeriahkan acara ini. Semoga di tahun depan kita bisa merayakan lagi,” demikian Arce.

HUT RI ke 77

2. Sekolah

Kemeriahan dalam menyambut HUT RI juga dilakukan sejumlah Sekolah, seperti SD Patria Dharma ini mengadakan beberapa perlombaan seperti lomba menyanyi, mewarnai, meniup balon di atas air, makan kerupuk, memasukan paku kedalam botol dan mengeluarkan bola dalam kotak.

Selain itu ada juga perlombaan yang dikhususkan untuk anak-anak PAUD, selain mewarnai dan memakan kerupuk adalah memindahkan bendera kedalam botol. Keseruan ini diadakan agar murid-murid dapat berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI, selain itu juga mengajarkan mereka untuk berani dalam mencoba hal baru serta menerima hasil tanpa rasa sedih.

3. Lingkungan Masyarakat

Selain di tempat ibadah dan sekolah, kemeriahan juga terpancar dari warga Kelurahan Berkas. Tidak hanya anak-anak saja tetapi juga para orangtua ikut berlomba. Lomba yang digelar untuk orangtua seperti voli dan bermain song, memberikan warna tersendiri. Sedangkan untuk anak-anak perlombaannya sama seperti ditempat lain, yakni makan kerupuk, lomba kelereng dan sebagainya.

Eben Putra Pamungkas selaku Ketua Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Bengkulu, mengatakan perlombaan ini dilakukan dengan adanya kerjasama oleh pihak Lembaga Perlindungan Masyarakat (LPM) serta Karang Taruna dan Kelurahan Berkas.

Lomba ini dilakukan antar RT, sehingga membuat suasana lebih meriah. Kabarnya lomba akan diadakan dari tanggal 14 agustus hingga 28 agustus. Dengan adanya perlombaan tersebut, diharapkan dapat mempererat hubungan antara warga.

“Lebih kompak dan maju lagi untuk masyrakat,” demikian Eben.

Baca Juga
Tinggalkan komen