Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Kamu Pecinta Teh? Ternyata Teh Memiliki Seribu Manfaat Loh

Ilustrasi Daun Teh(Dok. Unsplash/ Rashid)

Teh bisa terbilang sebagai salah satu minuman wajib bagi orang Indonesia, hal ini terlihat dari kebiasaan orang Indonesia yang seringkali menjadikan teh sebagai minuman penghilang hausnya setelah air putih, di warung-warung maupun minimarket banyak yang menjual teh dari berbagai merek. Selain itu teh dapat kita temukan di kedai-kedai makanan sebagai salah satu menu mereka. Hal ini membuktikan bahwasanya meminum teh sudah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat Indonesia setelah makan.

Dilansir dari Kementrian Kesehatan Indonesia, berikut beberapa macam penamaan teh berdasarkan cara pemrosesan teh tersebut sebelum dan setelah dipetik dari pohon, antara lain:

  • Teh Hitam/Black Tea

Pengolahan teh hitam melalui proses fermentasi enzimatis dimana tidak menggunakan mikroba pada saat proses fermentasinya. Teh hitam juga kerap dikenal dengan nama teh merah.

  • Teh Oolong

Pembuatan teh ini digolongkan semi fermentasi atau melalui setengah proses fermentasi, teh ini memiliki varietas yang berbeda disbanding teh lain, varietas teh ini yaitu jenis camellia sinesis yang memiliki rasa dan aroma lebih ringan dibanding teh lainnya. Secara umum teh ini memiliki bentuk bulat menggumpal dan berwarna hitam. Selain di Indonesia teh ini menjadi minuman favorit di Cina dan India.

  • Teh Hijau/Green Tea

Proses pembuatan teh ini tanpa melalui proses fermentasi yaitu dengan cara menginaktifkan enzim folase yang terdapat pada pucuk daun teh segar setelah proses pemanenan dengan cara pemanasan saat baru dipetik. Hal yang dilakukan saat pemanasan yaitu dengan cara udara kering (disangrai atau dioven) dan pemanasan menggunakan uap panas. Aroma dan rasa dari teh ini dapat berbeda-beda tergantung pada proses pemanasannya. Manfaat dari teh ini menurut penelitian dapat menurunkan resiko terkena kanker. Teh ini cenderung lebih mahal karena diproduksi lebih sedikit.

Manfaat yang terkandung dalam teh yang baik untuk kesehatan.

  • Melawan radikal bebas

Antioksidan yang terkandung dalam teh mampu menangkal radikal bebas. Akibat dari adanya radikal bebas dapat merusak sel-sel dalam tubuh, radikal bebas sendiri muncul melalui proses pembakaran. Sehingga dengan adanya antioksidan ini dinilai mampu melawan radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

  • Penurunan berat badan

Bagi kalian yang berniat untuk diet, meminum teh dapat menjadi solusi yang baik dalam mendampingi proses diet kalian nih. Di dalam teh terdapat kandungan yang dapat menghambat penyerapan lemak dan membantu membakar lemak saat berolahraga. Hal ini dikarenakan dalam teh hampir tidak memiliki kandungan kalori yang tentunya aman untuk dikonsumsi tanpa takut kalori. Tentunya dengan tidak menambahkan gula atau susu ya.

  • Membuat kulit lebih sehat

Bagi kalian yang mengidamkan kulit sehat, meminum teh hitam secara teratur dapat menjadi solusi terbaik. Selain itu dengan meminum teh hitam dapat mengurang terjadinya resiko kanker kulit. Akan tetapi ada baiknya diseduh dalam keadaan hangat ya.

  • Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Menurut Dr. Uma Naidoo, kandungan dalam teh hijau dapat membantu mengembangkan resistansi terhadap stress dan memiliki potensi penurunan resiko penyakit Alzheimer. Kandungan polifenol yang ada dalam teh hijau dapat melindungi sel dari yang namanya kerusakan.

  • Penurunan resiko diabetes

Teh hitam memberikan penurunan terhadap adanya resiko diabetes tipe-2 karena membantu dalam pengendalian gula darah setelah makan.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Laporan yang didapat melalui salah satu penelitian yang dipublikasikan di “Journal of Nutrition” didapat bahwa dengan meminum rutin teh hitam tanpa gula secara rutin dapat membuat penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau yang dikenal dengan kolesterol jahat.

  • Meningkatkan Kesehatan jantung

Kandungan katekin yang terdapat pada teh memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat membuat pembuluh darah menjadi relaks dan jernih dengan begitu akan mengurangi tekanan pada jantung.

  • Membuat gigi lebih kuat

Bagi kalian yang rentan dengan masalah gigi bisa mencoba dengan rutin meminum teh. Berdasarkan sebuah penelitian pada jurnal “Journal Of Oral And Maxillofacial Pathology”, dengan rutin mengkonsumsi teh hijau akan bermanfaat sebagai antibakteri pembentuk lubang di gigi dan mencegah gigi berlubang semakin parah.

  • Memperbaiki kualitas tidur

Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam aspek kehidupan, kurang tidur atau buruknya pola tidur dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Bagi anda yang memiliki masalah pada pola tidur cobalah untuk mengkonsumsi teh sebelum tidur. Sebuah penelitian di jurnal “Integrative Medicine Research” menghasilkan bahwa minum teh dapat membantu memperbaiki kualitas tidur bagi mereka yang memiliki insomnia ringan hingga sedang.

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

Seperti yang kita tahu bahwa dalam teh juga terdapat kandungan kafein yang bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman mental dan juga meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu juga efektif untuk pembakaran lemak hingga 100 kalori perhari.

Baca Juga
Tinggalkan komen