Bengkulu News #KitoNian

Jokowi Ketemu Sesama Alumni UGM usai Dilapor Pakai Ijazah Palsu

Teman Sejawat Presiden Jokowi saat Kuliah Akui Keaslian Ijazah Sarjana Kehutanan UGM

JAKARTA – Seweko, teman sejawat Presiden Joko Widodo (Jokowi) semasa menempuh pendidikan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) mengakui keaslian ijazah sarjana yang dimiliki oleh Kepala Negara.

Ia menilai isu yang berkembang tidak benar. Ijazah yang yang dimiliki oleh Presiden Jokowi sama seperti ijazah lulusan Fakultas Kehutanan UGM tahun 1985 mahasiswa/mahasiswi lainnya pada waktu itu.

“Itu pasti asli tomas, wong kita itu sama-sama kuliah, kita ke kehutanan sama-sama, praktikum sama-sama, wisuda bersama, ijazah aslinya itu sama kita, sama semua. Dekannya siapa, rektornya siapa itu sama,” kata Seweko yang dikutip melalui laman presidenri.go.id pada Minggu (16/10/2022).

Seweko pun mengaku prihatin dengan berkembangnya isu terkait ijazah tersebut di media. “Kita prihatin kok ada yang mempersoalkan. Artinya, kalaupun yang mempersoalkan dengan niatnya (mengungkap), ‘saya ada dua saksi,’ lah kita ini 80 kok. Itu loh tapi kok ada yang percaya,” lanjutnya.

Senada, teman semasa kuliah Presiden Jokowi, Evi Yulia, juga menyayangkan berkembangnya isu tersebut di media sosial. Menurutnya, media sosial harusnya dapat digunakan secara bijak dan hati-hati.

“Medsos harusnya diarahkan dengan daya pikir, daya nalar yang bagus gitu. Kok tambah enggak karu-karuan,” ujar Evi.

Sementara itu, pihak UGM melalui Rektor Ova Emilia telah melakukan klarifikasi terkait keaslian ijazah Presiden Jokowi pada 11 Oktober lalu. Evi menilai, klarifikasi yang dilakukan oleh rektor telah melalui serangkaian koordinasi dan konfirmasi dengan pihak dari Fakultas Kehutanan.

“Itu rektor loh, rektor kan enggak sembarangan bicara pasti akan koordinasi dengan fakultas, sama dekan,” imbuhnya.

Jokowi Dikenal sebagai Sosok yang Merangkul Semua Orang saat Kuliah

Semenjak menempuh pendidikan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikenal sosok yang merangkul semua golongan.

“Beliau bukan pengurus bukan apa, tapi beliau bisa merangkul kita semua,” ujar Tommy, usai bertemu dengan Presiden Jokowi di Kawasan Ambarukmo yang dikutip melalui laman presidenri.go.id pada Minggu (16/10/2022).

Presiden juga dinilai mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan pertemanan yang beragam dan tidak membeda-bedakan golongan. Jadi, mampu berkomunikasi dengan baik dengan kawan dari berbagai latar belakangan organisasi

“Kita ini dari berapa kubu, maklumlah dari mahasiswa itu kan ada HMI, ada apa, tapi bisa disatukan,” tutur Tommy.

Di mata teman sejawat ketika masa kuliah, Seweko, juga sempat mengatakan kepada Presiden bahwa dirinya terlihat seperti pejabat ketika memakai pakaian rapi.

“Suatu saat kita habis praktik manajemen dia bawa map gitu. Saya bilang, kita dulu manggilnya karena belum Presiden ya kita manggilnya Jok gitu, ‘Jok kamu itu seperti pejabat, Jok.’ Dia (pakaiannya) necis begitu, enggak taunya jadi Presiden,” kata Seweko.

Infopublik

Baca Juga
Tinggalkan komen