Jenis-Jenis Hamster dan Cara Perawatan

Penulis : Cindy

Hamster Campbell. Foto, Cindy/BN

Hai sobat, siapa si disini yang suka hamster? Iya hewan mungil yang lucu ini termasuk dalam kategori keluarga seperti tikus. Walaupun begitu banyak masyarakat mengadopsi Hamster sebagai hewan peliharaan loh.

Sebelum menjelaskan bagaimana merawat hewan mungil ini, mari simak ada berapa jenis hamster :

1. Hamster Syiran

Hamster jenis ini adalah yang paling popular di kalangan pecinta hamter, karena sifatnya yang lebih tenang dan mudah untuk dirawat. Hamster ini memiliki warna bulu keemasan dan perutnya yang berwarna putih, dengan ukuran tubuhnya yang lebih gemuk sepanjang 15 sentimeter.

2. Hamster Campbell

Hamster Campbell sering disebut Russian Dwarf, hamster ini memanga sangat menggemaskan namun sifatnya berbeda dari jenis lain karena penakut dan bisa menggigit jika merasa terancam. Sedangkan untuk jam tidur jenis hamster ini lebih teratur.

3. Hamster Chinese

Si imut ini memiliki bentuk tubuh yang pipih hampir seperti tikus, biasanya dapat hidup sampai usia tiga tahun. Hamster jenis ini sangatlah aktif dan senang saat diajak bermain, dalam satu kandang Anda harus menaruh dua ekor hamster.

Selain itu hamster chinese sangat mudah akrab, makandari itu handa harus sering mengajaknya bermain dan memberi perhatian agar tidak merasa kesepian.

4. Hamster Roborovski

Dengan ukuran yang samgat kecil, hamster ini sangat menggemaskan dan mudah dirawat. Namun Roborovski susah untuk dijinakkan, karena dari itu batasi saat bermain.

5. Hamster Winter White

Sesuai namanya bulu hamster ini berwarna putih seperti salju dan berasal dari daerah yang dingin. Walaupun begitu, winter white memiliki jiwa sosial yang tinggi dan membutuhkan teman agar tidak merasa kesepian.

Setelah mengetahui jenis hamster, maka hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah cara merawatnya.

1. Pilih Kandang yang Tepat

Masing-masing hamster membutuhkan kandang yang berbeda-beda, pada dasarnya mereka membutuhkan temoat yang luas untuk bertahan hidup dan bergerak serta membuat persembunyian.

Dengan ukuran 0,24 meter persegi atau sekitar 60 x 30 senitimeter. Bisa menggunakan kaca atau plastik tebal dengan beberapa lubang kecil untuk ventilasi dibagian atas.

2. Isi Kandang yang Tepat

Anda dapat menempatkan mainan didalam kandang, seperti roda-roda untuk berputar. Lalu berikan juga serbuk-serbuk kayu dan pasir mandi. Atau Anda dapat memberikan tempat untuk meletakkan makanan dan minuman.

3. Beri Makan yang Cukup

Anda dapat memberikan hamster makanan, dengan jadwal rutin. Sehari satu kali, dapat dilakukam pagi ataupun malam hari.

Misalkan biji-bijian seperti bunga matahari sebanyak 3 sampai 5 biji, jangan berikan lebih karena dapat membuat hamster Anda obesitas. Pastikan seminggu sekali berikan hamster Anda buah-buahan.

Selain biji Anda dapat mengganti makanannya dnsgan sayur-sayuran, seperti kentang, wortel yang sudah direbus dan selada air. Perhatikan tempat makan yang cepat habis, biasanya mereka menaruhnya dalam tempat persembunyian.

4. Mandikan Hamster dengan Teratur dan Bersihkan Kandang

Anda dapat membersihkan kandangnya seminggu sekali dan mengganti pasir mandi yang sudah kotor. Mandikan hamster menggunakan air hangat, seperti mengkompres.

Itu dia cara merawat hamster, pastikan hamster anda tetap sehat. Jangan beri makan berlebih, juga jangan terlalu sering memegang agar tidak stress. Itu dia info dari mimin, semoga membantu.

Baca Juga
Tinggalkan komen