Logo

Hoaks!! Situs SSCASN Palsu Buat Gaduh dengan Absensi PPPK

Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia mengimbau masyarakat agar hati-hati dengan situs palsu Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Hal tersebut disampaikan BKN lewat salah satu media sosial resminya di Twitter mengenai informasi wajib absensi SSCASN pada tanggal 25 Juli 2022.

“Apabila kalian menemukan pesan berantai melalui whatssap atau media lain terkait dengan absensi keaktifan seleksi PPPK 2022, Mimin nyatakan bahwa berita tersebut HOAKS,” dikutip dari Twitter @BKNgoid, Senin (25 Juli 2022).

Dalam unggahannya, BKN menyebut hingga saat ini belum ada kebijakan terbaru terkait PPPK dan tidak pernah mengeluarkan arahan terkait kewajiban absensi bagi PPPK.

Website sscasn.com yang beredar di media sosial dipastikan bukanlah situs resmi milik BKN. Website BKN dapat diakses hanya dengan alamat https://sscasn.bkn.go.id.

Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut mengatakan kepada masyarakat jangan sampai dirusak oleh jari-jari yang tidak dapat menahan untuk membagikan sebuah informasi di Internet.

“Karena itu saringlah sebelum sharing,” tegasnya.