Logo

Hasil Pertanian Rejang Lebong Tembus Pasar Malaysia

 

REJANG LEBONG – Sejumlah komuditas hasil pertanian dari Kabupaten Rejang Lebong, saat ini telah berhasil diekspor dan dipasarkan di negara Malaysia.

“Tahap pertama total sebanyak 4,8 ton dari berbagai jenis sayuran telah tiba Pelabuhan Linggi Malacca,” kata Kadis Pertanian Rejang Lebong, Suherman didampingi Kadis Kominfo Fery Najamudin, kepada wartawan, Selasa (14/04/2020).

Beberapa komoditi sayuran yang telah tembus negara jiran itu berupa masing-masing 1 ton Sawi dan Tomat. Sebanyak 500 kilo gram Terong, Labu Siam, Labu Kuning, Wortel dan Lobak Putih, serta 300 kilo gram Daun Bawang.

Sebelum diekspor, hasil produksi para petani itu melewati pengujian yang ketat guna memenuhi standar keamanan pangan segar. Serta sertifikasi, kepabeanan dan bea cukai.

Dia menjelaskan, tahap awal ekspor sayuran ini, eksportirnya adalah dari Riau yang mengambil sejumlah komoditi sayuran dari beberapa pengepul sayuran yang ada di Rejang Lebong.

Pemerintah daerah akan terus berupaya mendorong agar komoditas pertanian didaerah itu juga dapat menembus pasar ekspor di negara lainnya, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

“Dengan capaian ini diharapkan dapat menjaga kestabilan para petani, ditengah pelemahan ekonomi akibat penyebaran Covid-19,” tutupnya.
Penulis: Dedi R